Butuh 1.200 Personel Polisi, Polresta Pasuruan Hanya Punya 476 Orang

PASURUAN, Radar Bromo – Jumlah personel Polres Pasuruan Kota tak kunjung ideal. Bahkan, dari kebutuhan ribuan anggota, jumlah personel yang tersedia tidak mencapai separonya. Kondisi ini disebut terjadi hampir di seluruh Polres dan Polresta di Indonesia.

Kasubbag Humas Polres Pasuruan Kota AKP Endy Purwanto mengatakan, jumlah personel yang dimiliki Polres Pasuruan Kota masih jauh dari ideal. Dari kebutuhan minimal 1.200 personel, kini personel yang tersedia hanya 476 orang.

Ia menjelaskan, ratusan personel yang dimiliki ini sangat tidak ideal. Sebab, ratusan orang ini memiliki tanggung jawab menjaga Keamanan dan Ketertiban Nasional (Kamtibnas) di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota yang terdiri atas 10 kecamatan.

“Sangat tidak ideal. Sebab, personel yang kami miliki saat ini tidak mencapai separo dari kebutuhan ideal. Mau bagaimana lagi. Hampir seluruh Polres dan Polresta juga mengalaminya,” ujarnya.

Endy mencontohkan, sejauh ini Babinsa yang dimiliki Polres Pasuruan Kota, sangat minim. Setiap Babinsa harus menjaga Kamtibnas di tiga desa. Padahal, idealnya seorang Babinsa bertugas untuk satu desa.

Menurutnya, kondisi ini semakin diperparah dengan adanya anggota yang pensiun setiap tahunnya. Polri sendiri sudah mengantisipasi dengan melakukan perekrutan. Namun, jumlah peminat lebih sedikit dari kebutuhan.

“Jadinya, kami memaksimalkan personel yang tersedia saat ini. Kendati sangat tidak ideal. Terkadang, kalau ada giat keamanan secara bersamaan itu yang membuat kami kesulitan,” ujar Endy. (riz/fun)