Benahi Bangunan di Dekat Museum Walau Tak Punya Anggaran Khusus

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Bangunan di gedung museum yang menjadi aset Kabupaten Probolinggo, kondisinya memprihatinkan. Plafon ruangan bangunan kuno itu sudah ambrol.

Rusaknya bangunan itu mendapat perhatian dari Dinas komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo. Rencananya, Diskominfo akan melakukan perbaikan tahun ini. Meskipun, tidak ada anggaran khusus untuk pengerjaan perbaikan tersebut.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, bangunan Pemkab Probolinggo yang dipinjampakaikan ke Diskominfo itu sudah mulai difungsikan. Sebelumnya, ruangan bangunan lama tak ditempati. Akibatnya, kondisinya membutuhkan pemeliharaan. Sebab, pada plafon ruangan itu, lima asbes sudah jebol.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Probolinggo, Yulius Christian saat dikonfirmasi mengatakan, bangunan di gedung Museum Kota Probolinggo, menjadi aset Pemkab Probolinggo. Nah, sejak awal tahun ini, dipinjampakaikan ke Diskominfo untuk menjadi center Diskominfo.

”Bangunan itu memang kumpul dengan museum Kota Probolinggo. Tapi sesuai data, itu aset Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Disinggung soal kondisi plafon ruangan bangunan sudah ambrol? Yulius mengaku, tidak ada anggaran khusus untuk kegiatan perbaikan bangunan yang kumpul dengan aset Kota Probolinggo tersebut. Hanya saja, pihaknya tetap akan melakukan pemeliharaan ringan pada ruangan tersebut. Mengingat, kominfo memiliki anggaran pemeliharaan rutin kantor Kominfo sendiri.

”Tidak ada alokasi anggaran untuk perbaikan bangunan di museum itu mas. Tapi, kami ada anggaran pemeliharaan Kantor Diskominfo, yang bisa digunakan untuk perbaikan skala kecil,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, bangunan di museum salah satu dari empat aset Kabupaten Probolinggo yang ada di Kota Probolinggo, rencana untuk dilepaskan. Nah, sejauh ini Pemkab masih melakukan kajian untuk penghapusan aset tersebut. Termasuk mencari formula aturan, soal penjualan aset pada antarpemerintah. (mas/fun)