Seksi IV Tol Malang-Pandaan Tinggal Finishing, Target Operasional Akhir Bulan

PURWODADI, Radar Bromo – Ruas jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) terdiri atas lima seksi. Sejauh ini masih ada dua seksi yang belum beroperasional. Yakni, seksi IV dan seksi V. Di lapangan, penggarapannya terus dikebut.

Hasilnya, seksi IV yang panjangnya mencapai 4,750 kilometer akan segera menyusul tiga seksi lainnya. Jalan bebas hambatan yang membentang antara Singosari-Pakis ini akan segera dioperasionalkan. Sebab, pengerjaannya tinggal tahap akhir atau finishing.

“Seksi IV progres fisiknya sudah dapat 98 persen. Sisanya tinggal sedikit saja dan saat ini sedang dikerjakan. Targetnya, akhir bulan ini (Agustus) segera operasional, seperti seksi I, II, dan III,” ujar Humas PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Tri.

Agus mengatakan, pekerjaan fisik jalan nasional seksi IV ini terus digarap. Salah satunya yang tengah digarap berupa pembangunan pembangunan kawat berduri. Karena terus dikebut, pihaknya optimistis pengerjaannya akan rampung pada pertengahan bulan ini.

“Sambil jalan menyelesaikan pekerjaan fisik yang tersisa, juga sekalian pengajuan survei uji laik jalan khusus di seksi IV. Jadi, sama-sama jalan. Sehingga, akhir bulan ini sudah bisa operasional,” ujarnya.

Sedangkan, untuk seksi V yang panjangnya hanya 3,113 kilometer, malah sebaliknya. Progres jalan yang membentang antara Pakis-Malang ini pengerjaan kontruksinya baru mencapai sekitar 50 persen.

“Harapan kami pada akhir bulan ini seksi I sampai dengan IV atau dari Pandaan-Pakis, sudah operasional. Untuk totalnya sampai dengan seksi V ditargetkan awal tahun depan,” ujarnya. (zal/rud)