Plengsengan Ambrol di Jalur Tutur-Tosari Akhirnya Direhab

DIKEBUT: Plengsengan jalan Dusun Sugro, Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, mulai diperbaiki. Jalan ini merupakan akses menuju Gunung Bromo via Nongkojajar. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

TUTUR, Radar Bromo – Ambrolnya plengsengan jalan jurusan Tutur-Tosari, di Desa Andonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, akhirnya diperbaiki. Proyek yang digarap sejak dua pekan lalu ini ditarget rampung akhir bulan ini.

Sebelumnya, pengendara harus berhati-hati ketika melintas di jalan ini. Sebab, ada dua titik plengsengan jalan ambrol atau longsor. Kini, plengsengan jalan itu mulai diperbaiki.

“Perbaikan dua titik plengsengan jalan yang ambrol itu dilakukan Bina Marga Kabupaten Pasuruan. Sudah berjalan sejak dua pekan terakhir dan ditargetkan selesai akhir bulan ini,” ujar Camat Tutur Eddy Supriyanto.

Menurutnya, perbaikan dua plengsengan itu butuhkan waktu minimal sebulan. Sebab, medannya lumayan sulit. Plengsengan yang diperbaiki itu panjangnya sekitar 30 meter dengan tinggi sekitar 15 meter.

Eddy mengatakan, adanya plengengan ini sangatlah penting. Sebab, jalan ini menjadi akses utama menuju Gunung Bromo via Nongkojajar. Serta, merupaka jalur utama menuju lahan pertanian dan perkebunan. “Meski pekerjaan fisiknya sedang dikerjakan, kendaraan masih dapat melintas. Tapi, untuk mobil harus bergantian,” ujarnya. (zal/rud)