Enam Bulan Tembus Rp 8,02 M, Optimistis Target Pajak Hiburan Tercapai

PANDAAN, Radar Bromo – Sampai pertengahan tahun ini, tempat hiburan menyumbang pendapatan untuk pajak hiburan di Kabupaten Pasuruan sebesar Rp 8,02 M. Dari jumlah tersebut, sudah tercapai 54 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp 15 M.

Mokhammad Syafi’i, kabid Pendataan, Penetapan, dan Pelaporan Pendapatan Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pajak hiburan dari tempat wisata itu terbilang bagus.

“Saat ini persaingan tempat wisata juga cukup ketat. Misal dari Malang, Batu, dan Lamongan membuat masyarakat mempunyai banyak pilihan untuk berwisata,” terangnya.

Namun, di Kabupaten Pasuruan, tempat wisata yang dikelola swasta juga cukup jadi pilihan. Mulai dari Taman Safari Prigen, Bhakti Alam, Saygon Waterpark, dan sebagainya. Tingginya kunjungan wisata itu mengerek penerimaan pajak hiburan di Kabupaten Pasuruan.

Dari total Rp 8,02 miliar yang masuk, 60 persen di antaranya dari kunjungan Taman Safari Prigen. Tingginya kunjungan itu banyak didongkrak saat libur Lebaran disambung libur semester pada Juni lalu.

Lantaran sampai semester awal sudah melebihi separo target, BKD setempat pun optimistis, tahun ini bisa memenuhi target. “Namun, tetap kami akan evaluasi. Saat ini sedang kami godok, apakah target perlu penyesuaikan apa tidak? Adanya kenaikan atau tidak itu, akan diputuskan dalam Perubahan APBD (P-APBD),” ujarnya. (eka/mie)