Dinas PU Ajukan Tambahan Rp 28 Miliar, Paling Banyak untuk Ini

PEMBERSIHAN: Sejumlah pekerja melakukan pembersihan tepi jalan Wonomerto. Dinas PUPR kembali mengajukan tambahan anggaran besar, untuk perencanaan pembangunan di tahun depan. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo– Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo, Pada Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) 2019 menambah anggaran sebesar Rp 28, 5 miliar lebih. Anggaran itu, diperlukan paling banyak untuk perencanaan pembangunan 2020.

Rachmad Waloyo, Kepala Dinas PUPR mengatakan, di APBD tahun ini dinasnya mendapat anggaran sebesar Rp 135 miliar lebih. Anggaran itu digunakan untuk perbaikan jalan, perencanaan dan lain sebagainya. Nah, saat Perubahan APBD, pihaknya mengajukan tambahan dana Rp 28,5 miliar.

“Kalau ditotal dan jika disetujui pada pembahasan maka akan berjumlah Rp 164 miliar lebih, ” ujarnya.

Menurutnya, tambahan anggaran itu akan digunakan untuk pembaikan jalan dan dan proyek fisik lain serta juga perencanaan pembangunan 2020. Selain itu, juga guna melanjutkan proyek perbaikan jalan bantuan dari asutralia mulai dari Kecamatan Tongas sampai Sukapura. “Itu kami yang neruskan. Jadi kami lakukan perencanaannya, ” ungkapnya.

Ia menjelaskan, untuk perencanaa pembangunan itu sendiri anggarannya hampir mencapai satu miliar. Itu bukan tanpa dasar. Untuk perencanaan sendiri memang sudah ada ketentuannya dari kementerian. Sehingga, meski produk yang dihasilkan kertas dan gambar memakan biaya besar.

“Jadi untuk perencanaan persekian persen dari anggaran itu untuk perencanaan. Karena itu perencanaan besar, ” ungkapnya.

Pihaknya sendiri memang untuk P-APBD ini banyak untuk perencanaan pembangunan 2020. Tujuannya, ketika perencanaan selesai tahun ini, maka pada tahun berikutnya, proyek fisik tersebut sudah bisa dilelang. Harapannya, pembangunan tidak sampai molor.

“Kalau awal tahun sudah dilelang pengerjaan akan semakin cepat. Tidak sampai akhir tahun sudah selesai. Karena itu kami meningkatkan anggaran ini untuk itu, ” tuturnya. (sid/fun)