Tarif Resmi Tol Malang–Pandaan Belum Juga Turun

PURWODADI, Radar Bromo – Sejak diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (13/5), tarif resmi jalan tol Malang–Pandaan (Mapan) belum juga keluar. Alhasil, sampai saat ini tol Mapan masih digratiskan.

Tol Mapan sepanjang 30,8 kilometer itu, resmi dioperasikan sehari setelah diresmikan oleh Presiden RI Jokowi. Saat itu, PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) menegaskan, tol Mapan akan digratiskan hanya sampai H+7 Lebaran.

“Awalnya tarif tol Mapan ini hanya digratiskan hingga H+7 Lebaran. Tapi, sampai sekarang masih gratis. Penyebabnya, karena tarif resmi tol memang belum turun,” terang Humas PT JPM Agus Tri.

Agus menyebut, saat ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sedang membahas tarif resmi tol Mapan. Juga sudah selesai, maka pihak kementerian akan menetapkan dan mengeluarkan surat keputusan.

“Sebelum proses itu dilakukan, kami tidak bisa berbuat banyak untuk memberlakukan tarif. Yang bisa dilakukan, menunggu penetapan tarif tol oleh Kementerian PUPR,” katanya.

PT JPM, menurut Agus, sudah mengusulkan ke Kementerian PUPR tentang besarnya tarif tol Mapan per kilometer. Namun, Agus enggan menyebut. Sebab, menurutnya, pihaknya hanya punya wewenang mengusulkan. Sementara keputusannya, tetap menjadi hak kementerian. (zal/fun)