Kloter Terakhir Ditambah 5 Orang dan Ikut Berangkat bersama CJH Kota Pasuruan

PASURUAN, Radar Bromo – Calon jamaah haji (CJH) kelompok terbang (kloter) terakhir Kabupaten Pasuruan, juga berangkat Rabu (31/7). Mereka digabung dengan kloter 72. Jamaah yang awalnya hanya 43 orang, bertambah 5 orang dari CJH cadangan.

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Pasuruan Imron Muhadi mengatakan, tambahan kloter 72 untuk Kabupaten Pasuruan memang baru diinformasikan 3 hari lalu. “Sebelumnya kuota untuk kloter 72 ini hanya 43 CJH bergabung dengan CJH Kota Pasuruan. Namun, ternyata menjelang berangkat 3 hari lalu ditambah kuota untuk 5 CJH cadangan,” ujarnya.

Imron mengatakan, tambahan CJH ini karena di daerah lain ada yang mundur atau kosong. Sehingga, didata dan akhirnya di hari-hari terakhir ada cadangan yang masuk. Termasuk di Kabupaten Pasuruan ada 5 CJH dari cadangan. Mereka masuk cadangan sejak pelunasan tahap kedua lalu.

“Memang dipersiapkan cadangan CJH. Mereka sudah melunasi biaya haji, tes kesehatan, sampai dibuatkan visa juga. Juga sudah membuat surat pernyataan, bahwa siap tidak berangkat tahun ini,” ujarnya. Namun, karena masih ada kursi kosong secara nasional, pihaknya mendapatkan tambahan 5 kursi. “Meski informasi mepet, 5 CJH siap berangkat dan masuk kloter 72,” ujarnya. (eka/fun)