Curi Ayam, Buronan Pencurian Sapi asal Maron Ini Dibekuk

MARON, Radar Bromo – Usia senja bukan berarti akan membuat orang bertobat. Contohnya Marito, 56, warga Desa Suko, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo. Selasa (31/7) lalu, dia terpergok melakukan pencurian dan berhasil diamankan pihak kepolisian.

IKUT DISITA: Barang bukti berupa sajam dan lainnya, yang ikut diamankan dari tangan Marito. (Polsek Maron for Radar Bromo)

Informasi yang dihimpun Radar Bromo, penangkapan terhadap pelaku dilakukan sekitar pukul 02.00. Marito dibekuk warga usai mencuri ayam milik Sujoko, warga Desa Puspan. Setelah diamankan, pria yang seharinya petani itu langsung diserahkan kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Maron AKP Sugeng mengatakan, pelaku sesaat sebelum ditangkap kepergok hendak mencuri ayam bangkok. Itu, dipergoki oleh pemiliknya sendiri. Karena ketakutan, pelaku akhirnya kabur. “Pemiliknya mendengar suara ayam yang gaduh. Kemudian melihat dan menemukan pelaku,” ujarnya.

Mendapati hal itu, korban langsung berteriak. Teriakan korban didengar oleh warga lain yang kebetulan belum tidur. Sehingga, warga beramai ramai melakukan pengejaran. Pelaku yang sudah terkepung kemudian berhasil diamankan.

“Saat itu anggota kami sedang melakukan patroli. Kemudian mendatangi TKP dan mengamankan pelaku,” tandasnya.

Beruntung, dalam aksi itu pelaku tidak dihakimi. Pelaku kemudian dibawa kepolsek untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Saat kami lakukan pemeriksaan ternyata pelaku adalah DPO dari Polsek Pajarakan. Ia adalah pelaku curwan (pencurian hewan) di wilayah Pajarakan,” ungkapnya.

Selain berhasil mengamankan pelaku, pihaknya juga berhasil mengamankan barang bukti. Antara lain, 1 celurit; 1 linggis kecil; 1 stang; 1 buah tabung gas elpiji 3 kilogram; 3 ekor ayam bangkok; 1 buah karung warna putih. “Saat ini pelaku kami amankan dipolsek. Kami masih mendalami aksi kejahatan pelaku. Dimungkinkan ada lokasi lain,” tandasnya. (sid/fun)