348 CJH Kota Pasuruan Berangkat, Dipastikan Sehat Fisik-Rohani

PURWOREJO, Radar Bromo – Perasaan haru menyelimuti ribuan warga di Masjid Al Anwar Kota Pasuruan. Rabu (31/7) pagi, mereka melepas keberangkatan keluarganya yang hendak menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi.

IKUT MELEPAS: Pemberangkatan jamaah haji kloter 72 SUB, Rabu (31/7) dilepas oleh Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo,S.T, Kepala Kemenag Kota Pasuruan, Ketua FKUB, dan Ketua MUI Kota Pasuruan KH. Said Kholil (kanan). (Istimewa)

Ratusan calon jamaah haji (CJH) itu dilepas dari Masjid Al Anwar sekitar pukul 06.00. Namun, para CJH sudah memadati lokasi pelepasan sejak sebelum Subuh. Usai menunaikan salat Subuh, mereka lantas masuk ke bus yang sudah ditentukan.

Ratusan CJH itu dilepas oleh Kepala Kemenag Kota Pasuruan Abdul Wahib bersama Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo. Mereka berangkat menuju asrama haji di Surabaya menggunakan sembilan bus yang disediakan Pemkot Pasuruan.

Kepala Kantor Kemenag Kota Pasuruan Abdul Wahib mengatakan, CJH yang berangkat kemarin ada 348 orang. Jamaah ini merupakan gabungan dengan jamaah dari daerah lain. Selain dari Kota Pasuruan, ada juga jamaah dari Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Jember. Ia memastikan, seluruh CJH ini dalam kondisi sehat fisik dan rohani. Sehingga, siap untuk menunaikan ibadah haji.

Menurutnya, ratusan calon tamu Allah itu akan diberangkatkan menuju bandara Al Aziz, Riyadh, Arab Saudi hari ini sekitar pukul 07.00. “Rombongan bus CJH ini menuju Asrama Haji Sukolilo di Kota Surabaya. Mereka akan diberangkatkan bersama dua rombongan CJH asal Kabupaten Pasuruan lewat kloter 72,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo mengucapkan selamat bagi para CJH asal Kota Pasuruan. Pihaknya berharap, agar CJH dapat melaksanakan ibadah dengan baik dan menjadi haji mabrur. “Semoga dapat kembali dengan selamat ke tanah air. Sesuai yang dijadwalkan pada 11 September mendatang,” ujarnya. (riz/fun)