Kursi Kada-Ketua DPRD Lepas, Ini Sorotan Mantan Ketua PDIP Kota Probolinggo

KADEMANGAN, Radar Bromo – Perolehan suara PDIP dalam Pilkada 2018 serta Pemilu 2019 di Kota Probolinggo, mendapatkan sorotan tajam. Termasuk dari mantan pengurus DPC PDIP Kota Probolinggo. Sebab, perolehan suara dalam dua laga politik ini jauh dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Mantan Ketua DPC PDIP Kota Probolinggo Indi Eko Yanuarto mengatakan, perolehan kursi PDIP di DPRD dalam Pemilu 2019 paling rendah dalam proses Pemilu pascareformasi. “Pemilu 2019 ini hanya 6 kursi. Turun dari periode sebelumnya tahun 2014-2019 yang mencapai 8 kursi,” ujarnya, beberapa waktu lalu.

Selain turunnya perolehan kursi, posisi ketua DPRD Kota Probolinggo juga dipastikan lepas. Meski jumlah kursi di DPRD sama dengan PKB, namun dari jumlah suara, perolehan PKB masih lebih tinggi. “Posisi ketua DPRD juga lepas. Sebelumnya dalam pilkada, PDIP juga kalah. Akhirnya, baik posisi eksekutif maupun legislatif tidak ada yang diperoleh. Hal ini amat disayangkan,” ujar Indi.

Putra mantan Wali Kota Probolinggo Buchori ini menilai, jumlah kursi yang menurun drastis dan suara yang diperoleh dalam pemilu 2019 berkaitan dengan gagalnya PDIP dalam Pilkada 2018. “Saya berharap agar PDIP kembali berbenah dalam organisasinya setelah Pilkada 2018 dan Pemilu 2019,” ujarnya.

Sekretaris DPC PDIP Kota Probolinggo Agus Rudianto Ghaffur tidak menampik turunnya jumlah kursi dan suara PDIP dalam Pemilu 2019. Menurutnya, turunnya perolehan suara ini berkaitan erat dengan Pilkada 2018. Saat itu calon yang diusung PDIP kalah.

“Saya pikir antara masa kepemimpinan satu dengan kepemimpinanan yang lain tantangannya berbeda-beda. Jadi, pasca Pak Indi ke Cak Yon (Nasution), partai sudah bekerja keras dalam Pemilu 2019,” ujarnya.

Namun, karena dalam Pilkada 2018 PDIP tidak bisa merebut kursi wali kota, berdampak pada perolehan kursi legislatif dalam Pemilu 2019. “PDIP tidak berhasil merebut kursi wali kota dalam Pilkada 2018, menjadi linier kepada hasil Pemilu 2019 dari 8 kursi menjadi 6 kursi,” jelasnya.

Rudi memastikan, ke depan pengurus PDIP akan bekerja keras untuk kembali memenangkan kursi wali kota. Serta, mengembalikan jumlah kursi. (put/rud)