BPBD: Waspadai Iklim Ekstrem Selama Musim Kemarau

PASURUAN, Radar Bromo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta masyarakat selalu waspada dengan cuaca ekstrem selama kemarau. Kendati kemarau tahun ini bersifat kering, namun suhu antara malam dan siang memiliki perbedaan mencolok.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko mengatakan, di Kota Pasuruan, sudah memasuki musim kemarau kering. Diperkirakan, kemarau ini akan terjadi sampai akhir Agustus.

Meski bersifat kering, Catur meminta masyarakat tetap waspada. Karena ada kemungkinan tetap terjadi perbedaan suhu antara siang dan malam. “Meski tidak setiap hari seperti saat peralihan dari musim hujan ke musim kemarau, namun cuaca ekstrem diperkirakan masih terjadi. Saat siang panas, tiba-tiba malamnya dingin,” ujarnya.

Karenanya, Catur meminta masyarakat tetap menjaga kondisi fisik. Sebab, cuaca seperti ini rentan menimbulkan penyakit. Jika kondisi fisik tidak fit, penyakit bakal rentan menjangkiti tubuh. “Rawan penyakit yang paling mungkin terjadi akibat iklim ekstrem seperti ini. Karenanya, kita harus pandai menjaga kondisi selama kemarau kering,” ujarnya. (riz/fun)