Bersih-Bersih dengan Oncor, Kandang di Leces Ludes Terbakar  

LECES, Radar Bromo-Niatan Tahir alias Bu Iya, 70 bersih-bersih kandang, berujung tragedi. Berniat membunuh kuman-kuman di kandang dengan ocor api, eh ternyata api malah membesar dan melalap gudangnya yang ada di Desa Pondok Wuluh RT 20 /RW 09 Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Beruntung, meski kandangnya ludes dilalap si jago merah, tapi empat ekor kambingnya berhasil diselamatkan. Ia pun tak mengalami luka berarti.

Informasi yang dihimpun, kebakaran itu terjadi sekitar pukul 08.30. Tahir saat ditemui di lokasi mengatakan, dirinya saat itu bersih-bersih kandang dan membakar kuman-kuman di kandang menggunakan ocor.

Kemudian, Tahir langsung masuk ke rumah untuk makan. Nah, saat tengah makan itu, terdengar suara terbakar di luar rumah. “Saya habis bersih-bersih dan bakar kuman-kuman itu, awalnya tidak lihat ada api. Saya masuk ke rumah pas makan, ternyata terjadi kebakaran,” katanya.

Gono, 33, cucu korban mengatakan, angin kencang dan kandang yang terbuat dari bambu, membuat api cepat membesar. Beruntung, tetangga (warga) kompak. Mereka bersama-sama berusaha memadamkan si jago merah. Dengan cara manual menyiram si jago merah yang terus membesar.

Saat api sudah mulai padam, mobil pemadam kebakaran tiba. Damkar pun langsung, menyemprotkan dan memastikan tidak ada lagi asap atau sumber pemicu api.

”Untungnyanya tidak sampai terkena bangunan rumah samping kanan kiri kandang mas. Kerugian ya kandangnya ini yang rusak dah. Perkirakan 3 sampai 5 jutaan,” terang Gono.

Sementara itu, Kapolsek Leces Iptu Ghandi mengatakan, kebakaran itu diduga karena korban yang kurang hati-hati saat melakukan pembersihan kandang. Korban saat itu membakar kotoran hewan dan kuman-kumannya.

Nah, diduga ada bagian kandang yang terbakar, hingga akhirnya membesar. ”Kami selidiki penyebab pastinya kebakaran kandang kambing itu. Yang pasti, tidak ada korban jiwa,” katanya. (mas/mie)