Tabrak Dump Truk, Terguling, Sopir dan Kernet asal Lamongan Tewas di Tol Gempas

PASURUAN, Radar Bromo – Kecelakaan terjadi di Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) Jumat pagi (26/7). Akibatnya, dua orang tewas dalam peristiwa ini, sementara satu korban lainnya mengalami luka berat. Ketiganya lantas dibawa ke RSUD Bangil, Pasuruan.

Korban tewas diketahui bernama Fanny, 21, warga Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan dan Anang Ma’ruf, 27, warga Kecamatan Sarirejo, Kabupaten Lamongan. Sementara satu korban luka berat diketahui bernama Agus Sholeh, 40 warga Kecamatan Tlogo Pojok, Kabupaten Gresik.

Informasinya yang dihimpun radarbromo.jawapos.com, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 06.00. Pagi itu, Mitsubishi truk colt diesel nopol G 1998 BE yang bermuatan jeruk, tengah melaju di tol. Truk ini dikemudikan Fanny bersama temannya Anang Ma’ruf berjalan dari arah Pasuruan menuju Kota Surabaya.

Di depannya, ada kendaraan dump truck bernopol W 8528 UF yang bermuatan pasir yang dikemudikan Agus Sholeh. Kedua kendaraan ini menggunakan lajur kiri. Setibanya di KM 789+400 jalur B, diduga pengemudi truk colt diesel mengantuk dan menabrak dump truck di depannya.

MASUK SELOKAN: Dua truk yang terlibat kecelakaan di tol Gempas, tepatnya di KM 789+400, Jumat (26/7) pagi. Akibat insiden itu, dua orang tewas dan satu luka-luka. (Foto: PT Jasamarga Gempol Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)

Akibatnya, kedua kendaraan ini masuk ke dalam selokan galian pipa gas dalam kondisi terbalik. Fannya dan Anang Ma’ruf langsung tewas di lokasi usai mengalami pendarahan di kepala. Sementara, Agus Sholeh mengalami luka patah tulang paha kiri atas dan luka lecet di pelipis kanan dan dibawa ke RSUD Bangil.

Kendaraan truk colt diesel mengalami remuk pada bagian depan, kaca dan pintu. Sementara dump truck mengalami pecah pada bagian kacanya. Usai dilakukan evakuasi, sekitar pukul 07.00, kedua kendaraan berhasil dievakuasi. Kerugiaan materiil (kermat) akibat kecelakaan ini mencapai Rp 50 juta.

Humas PT Jasamarga Gempol Pasuruan (JGP), Rudi Purwanto membenarkan adanya kecelakaan yang terjadi di Tol Gempas area Grati. Diperkirakan karena perjalanan jauh, pengemudi truk Mitsubishi Colt Diesel mengantuk sehingga pengemudi tidak bisa menguasai laju kendaraan.

Sementara itu, kecelakaan tersebut juga memantik kepolisian mendatangi lokasi kejadian. Menurut Kanit III PJR Polda Jatim AKP Lamudji, korban yang meninggal berstatus sopir dan kenek. Jasadnya dievakuasi ke kamar mayat utk kepentingan visum. Sedangkan korban lainnya ada satu org dibawa ke ugd rsud bangil karena alami luka berat.

“Dua kendaraan yang terlibat kecelakaan dievakuasi menggunakan alat berat. Kemudian dibawa ke Pos PJR di Rembang. (riz/tom/fun)