Pengajuan Tenaga Pustakawan Belum Ada Jawaban

PASURUAN, Radar Bromo – Jumlah pustakawan di Kota Pasuruan masih belum ideal. Karena itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan masih berupaya menambah pustakawan dengan mengajukan penambahan tenaga pada Pemkot.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan, Evawati mengungkapkan keinginan mengajukan kebutuhan tenaga pustakawan terus dilakukan. Sebab, kebutuhan untuk Kota Pasuruan mencapai 143 orang. Rinciannya, 83 pustakawan bagi lembaga SD dan 32 pustakawan bagi lembaga SMP dan 28 pustakawan untuk organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Pasuruan.

DPA sendiri sudah mengajukan kekurangan ini pada Pemkot beberapa waktu lalu.

“Kebutuhan tenaga pustakawan cukup banyak. Kami sendiri sudah menyampaikannya pada bagian kepegawaian setempat,”ungkapnya.

Eva-sapaan akrabnya menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan terkait penambahan tenaga pustakawan. Pasalnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) sendiri belum memastikan adanya perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun ini.

Menurutnya, sejauh ini, pihaknya memanfaatkan dua tenaga pustakawan yang dimiliki untuk menutupi kekurangan tersebut. Namun, adanya gedung perpustakaan baru yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo membuat hal ini sulit dilakukan.

“Kami masih memaksimalkan tenaga yang tersedia. Mudah-mudahan pengajuan kami bisa segera disetujui,” terang Eva. (riz/fun)