Ruas Jalan Tembus Blandongan-Bugulkidul Belum Bisa Dipasang PJU Tahun Ini

PASURUAN, Radar Bromo – Pengendara yang biasa melintas di jalan tembus Blandongan-Bugulkidul sepertinya harus lebih bersabar untuk melihat ruas jalan setempat dilengkapi penerangan jalan umum (PJU). Pasalnya, kewenangan jalan itu belum jelas.

Kabid Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan jika kewenangan jalan tembus Blandongan-Bugulkidul belum ditentukan. Sebab, sejauh ini jalan yang juga bisa tembus ke Kepel tesebut, belum ada surat keputusan (SK) dari kepala daerah.

Karena itu, PUPR mengambil alih kewenangan jalan itu untuk sementara. Sehingga, jika ada kerusakan jalan seperti berlubang atau bergelombang, PUPR yang akan menanganinya. Namun, ia memastikan tahun ini tidak ada pengerjaan fisik di jalan tembus tahun ini.

“SK nya belum turun sampai saat ini. Untuk sementara biar kami. Jadi kalau ada apa-apa, kami yang akan memperbaiki. Cuma kan jalan ini masih baru, jadi tahun ini tidak ada pemeliharaan di sana,” jelas Akung.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) PJU pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan, Ari Widodo menjelaskan pemasangan PJU di jalan tembus Blandongan-Kepel tidak mungkin dilakukan tahun ini. Karena kewenangan jalan ini belum ditentukan.

Menurutnya, Dishub tidak mungkin memasang PJU pada jalan yang belum memiliki SK. Karena itu, ia meminta agar masyarakat dan pengguna jalan untuk bersabar. Jika dinilai terlalu berbahaya, pengendara bisa memutar mencari jalan alternatif yang lebih aman.

“Kami belum tahu apakah kewenangannya masuk jalan lingkungan atau jalan perkotaan. Kami khawatir keliru. Kami masih menunggu SK nya dahulu,” pungkas Ari. (riz/fun)