Meski Sudah Dibangun, MAN IC di Pasuruan Baru Difungsikan Tahun 2020

MASIH DILENGKAPI: Bangunan di kompleks MAN Insan Cendekia yang ada di Kedawung Wetan, Grati. Sejauh ini baru ada beberapa ruang kelas dan asrama di kompleks madrasah internasional ini. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

Related Post

GRATI, Radar Bromo – Sejumlah Madrasah Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan sudah dibangun gedung kelas dan gedung asrama. Hanya saja Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan memilih menunda pemanfaatan MAN IC di Pasuruan. Sehingga tahun ajaran baru 2019-2020, pembelajaran masih dipusatkan di Wisma Santri, Surabaya.

Hal tersebut diungkapkan Muhammad As’adul Anam, Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan. Anam mengatakan, sebelumnya dari Kemenag memang memiliki rencana untuk memanfaatkan awal tahun 2020 mendatang setelah pembangunan tahun 2019 selesai. “Namun kami tunda sampai tahun ajaran baru 2020 mendatang. Ini agar proses peralihan lokasi lebih mudah,” terangnya.

Saat ini untuk MAN IC Pasuruan yang berada di Kedawung Wetan, Kecamatan Grati sudah terbangun gedung kelas dan gedung asrama. Sedangkan tahun ini juga dianggarkan Rp 18,2 Miliar untuk pembangunan Student Center dan juga Pusat layanan terpadu.

Sejatinya jika melihat rencana pembangunan, kedua gedung yang dianggarkan tahun ini memang bisa selesai sampai akhir tahun nanti. Namun Kemenag Kabupaten Pasuruan memilih baru memanfaatkan MAN IC di Pasuruan pada tahun ajaran baru 2020-2021 mendatang.

“Ini agar proses pemindahan seperti administrasi, bangku, ATK dan sebagainya bisa lebih leluasa. Tidak saat di pertengahan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM),” terangnya.

Saat ini total siswa dan siswi di MAN IC Pasuruan yang belajar di wisma santri sudah sebanyak 144 siswa. Rinciananya, 48 pelajar angkatan pertama dan 96 pelajar angkatan 2019. Kini semuanya sementara masih belajar di Wisma Santri, Surabaya sampai rencananya bakal dialihkan semuanya di MAN IC Pasuruan pada tahun ajaran baru 2020-2021 mendatang. (eka/fun)