Meriahnya Len-Jelen Bareng Wali Kota-Wawali Probolinggo

MAYANGAN, Radar Bromo – Ribuan orang tumplek-blek di Alun-alun Kota Probolinggo, Jumat (19/7) pagi. Mereka datang dengan niat sama. Mengikuti acara Len-Jelen Bareng Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo.

Acara yang digelar dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional ke 72, ini benar-benar mengundang perhatian warga. Bahkan, seribu kupon yang disiapkan panitia habis sejak H-1 acara. Sekitar pukul 06.00, ribuan peserta diberangkatkan langsung oleh Wali Kota Hadi Zainal Abidin.

Wali Kota Hadi bersama Wakilnya Moch. Soufis Subri, juga terlihat berbaur dengan para peserta. Mereka menyusuri rute yang telah ditetapkan panitia. Sekitar sejam kemudian, mereka telah kembali ke alun-alun yang menjadi titik start-finis.

 

BERANGKAT: Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memberangkatkan ribuan peserta Len-Jelen Bareng Wali Kota-Wakil Wali Kota, Jumat (19/7). (Zainal Arifin/Radar Bromo)

 

Kegiatan hasil kerja sama DKUPP Kota Probolinggo, Jawa Pos Radar Bromo, dan Panitia Hari Koperasi Nasional ke 72, itu juga dimeriahkan dengan stan 25 sponsorship. Di antaranya, ada PT Menara Shakti Tour and Travel; Pegadaian Syariah; Alfamart; Citra Kendedes Cake and Bakery; Indomaret; Tropicana Slim; kelompok UKM; serta masih banyak yang lain.

Selama menungu undian kupon, peserta juga mendapatkan hiburan dari OM Dinata. Lagu-lagu Islami dibawakan dengan indah oleh dua penyanyinya. Yakni, Dewi Atika yang membawakan lagu Nawarti Ayami, Ya Maulana, dan Keramat. Serta, Susi Adelia yang tampil dengan lagu Deen salam, Mayjuz, dan Kelayung-kelayung.

Selain hadian utama berupa umrah, ada 260 hadiah lain yang diberikan panitia. Di antaranya ada televisi, sepeda gunung, handphone, kulkas, mesin cuci, tabungan emas Rp 500 dan 100 ribu, serta magicom.

 

HADIAH UTAMA: Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin (dua dari kiri) didampingi istrinya, Siti Aminah serta Dirut PT Menara Shakti Tour and Travel Hj. Moyessaroh Helme Sholeh (dua dari kanan) dan Ketua Panitia Hari Koperasi Nasional Agus Lithanta menyerahkan plakat hadiah umrah kepada Abdul Jalal. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

 

Salah seorang peserta asal Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Abdul Jalal, 65, benar-benar beruntung. Kuponnya bernomor 10116 mengantarkannya mendapatkan hadiah umrah yang dipersembahkan PT Menara Shakti Tour and Travel di Kota Probolinggo.

Jalal tak kuasa menahan air mata bahagianya ketika menerima plakat umrah gratis dari Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin yang ditemani Dirut PT Menara Shakti Tour and Travel Hj. Moyessaroh Helme Sholeh. Staf di bagian Tata Usaha Disdikpora Kota Probolinggo, itu juga langsung bersujud syukur di panggung.

“Saya tidak menyangka. Keinginan saya untuk menginjakkan kaki di Baitullah akhirnya akan terwujud. Saya sangat berterima kasih. Terutama kepada acara yang berlangsung ini,” ujarnya.

Wali Kota Hadi juga mengaku bersyukur Jalal mendapat hadiah umrah. Menurutnya, hadiah ini tepat sasaran. “Saya senang hadiah umrahnya tepat sasaran. Artinya, dimenangkan oleh orang yang benar-benar membutuhkan. Apa yang didapat ini harus disyukuri,” ujarnya.

Wali Kota Hadi berharap, koperasi dapat lebih mandiri dan eksis di usianya yang ke 72 tahun. Serta, berjalan sesuai roh koperasi. Mengingat, kini banyak koperasi yang berjalan seperti bank. “Kami sebagai pemerintah akan terus mendampingi dan membina agar koperasi dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Kepala DKUPP Kota Probolinggo Gatot Wahyudi. Menurutnya, di era digital, koperasi perlu berinovasi. Sehingga, semakin dikenal. Harus ada perubahan orientasi dalam mengembangkan koperasi. Jika dulu yang diutamakan jumlah koperasi, kini harus lebih mementingkan kualitas. “Jadi, meski sedikit, kualitasnya harus baik dan profesional. Dengan demikian, koperasi akan makin maju,” ujarnya.

 

STAN SPONSOR: Ketua TP PKK Kota Probolinggo Siti Aminah mengunjungi salah satu stan sponsor di area acara Len-Jelen Bareng Wali Kota-Wakil Wali Kota. (Zainal Arifin/Radar Bromo)

 

Sedangkan, Ketua Panitia HUT Koperasi Nasional ke 72 Agus Lithanta mengatakan, ada serangkaian acara yang digelar dalam memperingati Hari Koperasi Nasional. Mulai beragam lomba sampai acara Len-Jelen. Tujuannya, mengenalkan koperasi yang diharapkan dapat menjadi soko guru perekonomian Indonesia.

“Dengan demikian, seperti harapan founding father koperasi, Drs. Moh Hatta, koperasi bisa menjadi soko guru perekonomian Indonesia. Mudah-mudahan dengan gerakan seperti ini, masyarakat semakin tahu dan koperasi berkembang tinggi. Termasuk bisa menjadi penggerak koperasi,” harapnya.

Menurutnya, sejauh ini jumlah koperasi di Kota Probolinggo ada 156 unit. Namun, ada yang sudah dibubarkan karena tidak sehat. “Salah satu indikatornya tidak melakukan RAT (rapat anggota tahunan) selama dua tahun berturut-turut,” ujar ketua Dewan Koperasi Indonesia Kota Probolinggo tersebut.

Sementara itu, Dirut PT Menara Shakti Tour and Travel Hj. Moyessaroh Helme Sholeh mengatakan, pemenang hadiah umrah dalam acara ini akan berangkat pada Januari-Februari 2020. Seluruh akomodasi ditanggung pihak travel. “Ini salah satu cara untuk mendapat kepercayaan dan mengenalkan PT Menara Shakti Tour and Travel di Kota Probolinggo,” ujarnya. (rpd/*)