Desak Perbaikan Pita Kejut di Jalan Raya Kalitengah Supaya Tak Dipakai Balap Liar

PANDAAN, Radar Bromo – Ruas Jalan Raya Kalitengah, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, menjadi lokasi favorit sejumlah pemuda. Selama ini, jalan ini sering menjadi lokasi digelarnya aksi balap liar.

Mereka baru beraksi ketika malam sudah larut hingga dini hari. Informasinya, paling sering digelar akhir pekan atau Sabtu malam Minggu. Selain gencar melakukan razia, Satlantas Polsek Pandaan juga mendesak Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan untuk turun memperbaiki sejumlah pita kejut.

“Pita kejutnya sudah ada. Dibangun pada 2015. Sekarang kondisinya mulai rata dengan permukaan aspal. Seharinya sudah diperbaiki,” ujar Kanit Lantas Polsek Pandaan Iptu Supriyanto.

Menurutnya, keberadaan pita kejut di ruas jalan ini sangat penting. Tujuannya, untuk meminimalisasi adanya aksi balap liar. Saat awal dibangun hingga beberapa tahun berikutnya, di jalan ini jarang ada balap liar. Mereka pindah ke jalur yang tidak ada pita kejutnya.

“Paling tidak, pita kejutnya lebih ditinggikan sedikit dari yang ada sekarang. Sambil diperbaiki, juga tidak lupa dipasang papan rambu bertuliskan hati-hati ada pita kejut atau lainnya,” ujar Supriyanto.

Mendapati itu, Kasi Pengawasan dan Pengendalian Dishub Kabupaten Pasuruan Digdyo Mulyono Jati mengaku, siap menampung dan menindaklanjuti masukan Unit Satlantas Polsek Pandaan. “Nanti tim teknis akan turun ke lapangan untuk menyurvei. Setelah selesai, baru ada rekomendasi jadi atau tidaknya perbaikan pita kejut di ruas jalan itu,” ujarnya. (zal/fun)