Proses Finishing Pasar Nguling, Bakal Dilengkapi Foodcourt

NGULING – Proses pengerjaan revitaliasi Pasar Nguling di Kecamatan Nguling mulai dilanjutkan Juli ini. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pasuruan menargetkan pengerjaan bisa selesai dalam 4 bulan ke depan. Dengan begitu, akhir tahun ini sudah bisa dimanfaatkan oleh pedagang buah setempat.

Edy Suwanto, kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan mengatakan, setelah tahap lelang pada Mei-Juni lalu, awal Juli ini sudah mulai tahap pengerjaan lanjutan revitaliasi di Pasar Nguling. “Setelah lelang, sekarang sudah mulai tahap pengerjaan di Pasar Nguling sejak awal Juli ini,” terangnya.

Pada 2018 lalu, revitalisasi Pasar Nguling dilakukan dengan pembangunan gedung di selatan pasar. Dengan total 52 kios yang menelan anggaran Rp 2,8 miliar.

Untuk tahun ini, masuk tahap finishing Pasar Buah Nguling dengan anggaran Rp 1,47 M dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Rencananya bakal dilakukan finishing serta pemasangan Aluminium Composite Panel (ACP) sebagai penghias gedung. Selain itu, juga pemasangan rolling door di 52 kios.

“Termasuk juga dibangun foodcourt yang lokasikan di timur depan gedung baru. Ada 15 kios, tujuaannya untuk mendukung gedung yang baru karena ada keramaian, maka perlu ada tempat makan atau foodcourt,” terangnya.

Untuk pengerjaan revitalisasi akhir ini. Disperindag Kabupaten Pasuruan menargetkan bisa diselesaikan dalam 4 bulan. “Jadi, targetnya bulan Oktober–November bisa selesai. Kalau sudah selesai, maka akhir tahun targetnya sudah bisa dimanfaatkan oleh pedagang,” ujarnya. (eka/mie)