Curi HP Tetangga, Duitnya untuk Nonton dan Beli Kaus Bola

SUKOREJO – Hidup bertetangga, idealnya saling membantu. Namun, apa yang dilakukan Sugiarto ini malah sebaliknya. Ia malah mencuri handphone tetangganya. Walhasil, kini pria 23 tahun asal Dusun/ Desa Karangsono, Kecamatan Sukorejo, itu harus meringkuk di sel tahanan.

Karyawan swasta ini berhasil diamankan Buser Polsek Sukorejo saat sedang santai di rumahnya, Jumat (19/7) dini hari. Penangkapan dilakukan usai polisi melakukan penyelidikan.

Sebelumnya, Farel Fahrezi A, 20, asal Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya, melapor jadi korban pencurian. Korban yang selama ini tinggal di Dusun/Desa Karangsono, Kecamatan Sukorejo, itu kecolongan pada Senin (8/7) dini hari.

“Usai kami lakukan penyelidikan, pencurian itu mengarah ke pelaku. Dari situ, kami lakukan penangkapan,” ujar Kanitreskrim Polsek Sukorejo Bripka Soni Juliyanto.

Dari hasil penyidikan diketahui, pelaku memanjat pagar rumah korban. Selanjutnya pelaku masuk ke kamar melalui jendela yang saat itu posisinya terbuka.

Seketika itu, pelaku langsung mengambil HP milik korban yang sedang dicas dan diletakkan di atas meja. “Pengakuan pelaku, HP korban dijual ke orang tak dikenal di Malang, laku Rp 900 ribu. Selanjutnya dipakai untuk beli tiket dan kaus bola. Sisanya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari,” jelas Soni.

Barang bukti yang diamankan petugas berupa satu buah dosbook HP. Juga satu buah pelindung HP. Lainnya, satu buah kaus sepak bola dibeli dari hasil penjualan HP milik korban oleh pelaku.

“Atas perbuatannya, pelaku kami jerat dengan pasal 363 KUHP dan ancaman maksimalnya tujuh tahun penjara,” jelasnya. (zal/mie)