KSOP Probolinggo: Banyak Kapal Belum Miliki Izin Kepemilikan

MAYANGAN – Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Probolinggo mencatat, sedikitnya masih ada puluhan kapal yang belum memiliki izin kepemilikan. Kapal-kapal tersebut bahkan sering ditemui dan parkir di Pelabuhan Tanjung Tembaga atau pelabuhan Probolinggo.

Hal itu diungkapkan Subuh Fakkurrohman kepala KSOP Proboilinggo. Berdasarkan catatan pihaknya, kapal yang belum memiliki sertifikasi atau izin kepemilikan itu, jumlahnya berkisar 50.

KSOP pun berupaya mengimbau agar pemilik kapal, melengkapi sertifikasi kapalnya. Sertifikasi yang di maksud adalah Pas Kecil atau Surat Kepemilikan Kapal, yang akan menjadi legalitas dalam menjalankan usaha bagi para nelayan khusunya bagi kapal di bawah GT 7. Tidak hanya disitu saja, Pas Kecil juga mempermudah nelayan dalam mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Subuh menambahkan, dalam pembuatan Pas Kecil tidaklah sulit. Pemilik kapal cukup lengkapi syarat-syarat untuk pengjauan seperti surat tukang, surat pembelian mesin, dan data diri. Seandainya ada nelayan tidak mengerti dengan proses surat menyurat, diharapkan agar nelayan langsung ke kantor KSOP. ”Biar nanti dibantu oleh pihak kami” imbuhnya.

KSOP tidak hanya mengimbau terhadap kelengkapan surat-surat kapal. Namun juga terhadap kelengkapan alat keamanan yang ada di kapal. Seperti pelampung penyelamat atau jaket penolong. Alat- alat keselamatan tersebut sangat penting untuk persiapan ketika berada pada keadaan yang kurang baik saat berlayar.

“Dalam mengidentifikasi kapal, surat-surat kelengkapan kapal sangat penting. Begitu juga untuk kelengkapan alat keamanan, juga penting untuk keselamatan nelayan” terang Heru.

Untuk tahun ini, KSOP telah menerbitkan sebanyak 664 Pas Kecil. Data tersebut diambil dari Provinsi yang mencakup 2 daerah yakni Probolinggo dan Pasuruan. Ia juga menegaskan bahwa nelayan yang akan mengajukan Pas Kecil, tidak perlu menggunakan perantara orang lain atau agen kapal. Pembuatan Pas Kecil juga tidak dipungut biaya alias gratis. (mg1/fun)