KPU Kab Probolinggo Gelar Penetapan Caleg Terpilih Senin Depan

KRAKSAAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo memastikan penetapan Calon Legislatif (Caleg) terpilih pada Senin (22/7) mendatang. Itu, setelah KPU menerima surat dari KPU pusat yang turun pada 17 Juli 2019.

Dalam surat bernomor 1027/PL/01.9-SD/03/KPU/VII/2019 itu, KPU diberikan waktu untuk menetapkan caleg terpilih selambat lambat lima hari setelah penerbitan surat tersebut. KPU RI meminta bagi KPUD se-Indonesia termasuk Kabupaten Probolinggo, yang tidak memiliki perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), paling lama 5 hari setelah terbitnya surat KPU RI, agar melakukan penetapan kursi dan penetapan calon terpilih.

Lukman Hakim Ketua KPU Kabupaten Probolinggo mengatakan, pihaknya memilih waktu penetapan pada hari terakhir. Yaitu pada Senin mendatang. “Suratnya sudah turun. Dan kami akan menetapkan caleg terpilih pada Senin mendatang, ” ujarnya saat dihubungi.

Lukman sapaan akrabnya mengaku telah siap semua. Dari awal, pihaknya memang menunggu jadwal penetapan dan intruksi khusus dari KPU RI. “Karena sebelumnya kami memang melakukan persiapan terlebih dulu. Karena itu, ketika ada surat seperti ini kami telah siap untuk melakukan penetapan, ” lanjutnya.

Mengenai Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Caleg terpilih KPU mengatakan, sudah selesai semua. Bagi parpol yang kadernya lolos menjadi dewan telah menyershkan LHKPN dan dinyatajan lengkap. “Sudah lengkap. Tinggal penetapan saja. Semoga lancar,” terangnya. (sid/fun)