Berangkat Haji, 18 ASN Kemenag-Pemkab Pasuruan Ajukan Cuti

PURWOREJO – Dari 1.377 jamaah haji di Kabupaten Pasuruan kloter 22-24 yang telah berangkat, 18 di antaranya tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN). Mereka mengajukan cuti untuk berangkat haji.

Dari 18 ASN itu, tercatat 3 di antaranya adalah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sehingga, Pemkab Pasuruan juga menyiapkan Pelaksana Harian (Plh) selama cuti berhaji.

Imron Muhadi, kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 18 ASN itu, 6 di antaranya dari Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan yang juga sebagai petugas haji tahun ini.

“Sementara 12 ASN dari Pemkab Pasuruan mulai dari pejabat sampai staf termasuk guru juga ada,” terang Imron.

Henis Widiyanto, kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pasuruan membenarkan bahwa tahun ini ada 12 ASN yang cuti untuk berangkat haji tahun ini. Termasuk di antaranya 3 kepala OPD yang juga berangkat.

“Ada tiga kepala OPD yang cuti untuk berangkat haji tahun ini. Sehingga, Pemkab Pasuruan juga menyiapkan untuk pelaksana harian (Plh) nya,” terangnya.

Untuk Plh sendiri memang sama seperti pelaksana tugas (Plt). Namun untuk Plh sifatnya menggantikan tugas pejabat definitif sementara lantaran sedang cuti berhaji.

Untuk kepala OPD yang cuti berhaji tahun ini adalah Loembini Pedjati Lajoeng sebagai kepala Dinas Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan. Sementara ini, kursinya dijabat Plh oleh Yetti Purwaningsih yang menjabat sebagai kepala Dinas Pertanian.

Selain itu, ada H.M Soeharto, asisten II yang posisinya kini dijabat Plh sementara Sunyono yang juga sebagai Staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Pemerintahan.

“Sedangkan untuk Misbah Zunib yang sekarang menjabat kepala Dinas PU Sumber Daya Air dan Tata Ruang memang juga akan cuti haji. Namun, karena masih masuk kloter 72 dan berangkat tanggal 31 Juli, sementara ini masih bekerja rutin dan nanti baru setelah cuti ditetapkan Plh-nya,” jelasnya. (eka/mie)