Rumah Penerima Bantuan PKH di Probolinggo Segera Dipasang Stiker

MAYANGAN – Banyaknya kabar bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) yang tak tepat sasaran, menjadi perhatian serius Dinas Sosial (Dinsos) Kota Probolinggo. Karenanya, Dinsos mengantisipasinya dengan memverifikasi dan validasi ulang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH.

Kepala Dinsos Kota Probolinggo Zainullah mengatakan, pemberian PKH oleh Kementerian Sosial merupakan bantuan untuk mengurangi angka kemiskinan. Serta, meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, selama ini penyalurannya sering menjadi sorotan karena dianggap tidak tepat sasaran.

Karenanya, pihaknya melakukan verifikasi dan validasi. “Kami lakukan proses verifikasi dan validasi dan sudah berjalan sejak tiga bulan lalu. Kami lakukan bekerja sama dengan koordinator wilayah. Kembali dicek, baik berkas mapun kondisi penerima PKH di lapangan,” ujarnya.

Dari hasil verifikasi itu nantinya akan dilakukan data penerima bantuan PKH. Zainul mengatakan, pengurangan KPM ini dilakukan dengan sejumlah pertimbangan. “Bantuan PKH yang diberikan dipakai untuk apa? Kami lihat pemanfaatannya. Misalnya, dengan bantuan yang telah diterima bisa membuka usaha sendiri, nanti namanya kami coret dan kami alihkan kepada yang lain,” ujarnya.

Menurutnya, pengurangan ini sangat penting dan harus dilakukan. Agar program bantuan yang bertujuan mensejahterakan rakyat dapat tepat sasaran. Sehingga, masyarakat yang benar-benar membutuhkan bisa menjadi sejahtera. Dinsos juga akan segera memasangi stiker rumah para penerima PKH. “Setelah graduasi (pengurangan) selesai, nanti kami pasti pasangi stiker penerima PKH,” ujarnya. (ar/rud)