Pemkab Pasuruan Usulkan 806 Formasi untuk Tes CPNS

BANGIL – Adanya rencana penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019 ini, dimanfaatkan Pemkab Pasuruan. Saat ini pemkab telah mengirimkan kebutuhan formasi CPNS ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dari pemetaan yang telah dilakukan Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD), pemkab hanya mengusulkan 806 formasi untuk tahun ini. Kepala BKPPD Henis Widiyanto menerangkan, jumlah usulan CPNS itu sesuai dengan jumlah aparatur sipil negara (ASN) yang pensiun tahun 2019 ini.

“Jadi, pengusulan ini setelah ada rapat koordinasi. Pengusulan disesuaikan dengan jumlah pegawai yang pensiun tahun ini,” terangnya.

Henis mengatakan, pengusulan CPNS ini juga disesuai dengan kemampuan anggaran pemerintah untuk menggaji PNS. Meskipun masih usulan, Henis juga tidak bisa memastikan bahwa jumlah 806 bakal diterima semuanya oleh pusat.

“Sebab, yang menentukan berapa jumlah kuota formasi di tiap daerah, tetap Kemenpan RB. Nanti akan diumumkan resmi saat menjelang penerimaan CPNS di semua daerah,” jelasnya.

Dari 806 formasi tersebut, disebutkan bahwa tetap mayoritas adalah kebutuhan untuk pendidikan, kesehatan, dan teknik. Henis mengatakan, untuk penerimaan CPNS sendiri diperkirakan pada Oktober mendatang.

“Namun, untuk teknis dari penerimaan, tes, sampai pengumuman semuanya terpusat ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) sama seperti tahun lalu,” terangnya. (eka/mie)