Hindari Klaim Pribadi, Ukur Ulang Eks Pasar Hewan Pandaan

ASET PEMKAB: Pengukuran ulang di eks Pasar Hewan Pandaan yang berstatus aset Pemkab Pasuruan, Selasa (16/7). Pengukuran ulang itu dilakukan untuk hindari klaim perorangan. (Rizal Syatori/Radar Bromo)

Related Post

PANDAAN – Eks Pasar Hewan di Lingkungan Kuti, Kelurahan Kutorejo, Kecamatan Pandaan, sudah bertahun-tahun mangkrak. Selasa (16/7), sejumlah pejabat terkait mendatangi eks pasar hewan itu untuk pengukuran kembali aset pemkab.

“Tanah ini dulunya eks pasar hewan, sekarang sudah tidak dimanfaatkan lagi. Menjadi lahan kosong. Meski begitu, statusnya masih aset dan milik Pemkab Pasuruan, bersertifikat,” ungkap Dian Nuriyati, kabid aset Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Pasuruan.

Dijelaskannya, pihaknya juga mendatangkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melakukan pengukuran ulang. Dari situ diketahui, aset pemkab itu memiliki luas lahan sekitar 2.328 meter persegi.

“Ini masih pengukuran ulang awal tanahnya, sekaligus pemasangan patok batas sebagai penanda. Berikutnya akan ada lagi kegiatan serupa dan memang dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Lurah Kutorejo Ninik Chotiyah menuturkan, pengukuran ulang aset pemkab itu cukup penting. Mengingat, di sekeliling aset pemkab itu kini banyak berdiri bangunan milik warga.

Beberapa waktu lalu, juga disebutkan sempat ada klaim aset pemkab itu dikuasai orang. Bahkan, sampai dipasang pagar oleh seseorang.

“Kami di pemerintahan kelurahan sangat senang pengukuran ulang bisa dilakukan. Sebab, tanah ini memang aset pemkab dan bukan milik perorangan,” ungkapnya. (zal/mie)