Bulan Depan Garap Perbaikan Jalan Pahlawan-Wirogunan

PANGGUNGREJO – Keinginan pengendara agar dapat melintas dengan nyaman di Jalan Pahlawan dan Jalan Sastro Surotoko, Kota Pasuruan, akan segera terwujud. Pemkot Pasuruan menyebut rekonstruksi dua ruas jalan ini akan dilakukan bulan depan.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan Akung Novajanto mengatakan, rekonstruksi jalan di Kota Pasuruan akan dilaksanakan bulan depan. Tahap lelang dua proyek fisik senilai Rp 2,1 miliar itu sudah dilakukan.

Sesuai rencana awal, ruas Jalan Pahlawan, Kelurahan Petamanan, Kecamatan Panggungrejo, itu akan direkonstruksi sepanjang 600 meter. Sedangkan, rekonstruksi Jalan Sastro Surotoko, Kelurahan Wirogunan, Kecamatan Purworejo, akan dilakukan sepanjang 500 meter. “Penanganan kedua ruas jalan ini sama. Yaitu, aspal lama dibongkar dan diganti aspal baru. Kami lihat aspal di jalan itu sudah rusak dan berlubang,” ujarnya.

Akung menjelaskan, kedua ruas jalan ini sudah lama tidak diperbaiki. Selama ini penanganannya hanya berupa rehab minor dengan menambal titik-titik yang berlubang. Di sisi lain, intensitas kendaraan semakin meningkat. “Ini juga atas permintaan warga melalui kelurahan. Memang dari pantauan, dua ruas jalan ini sudah waktunya direkonstruksi,” ujarnya.

Adanya rencana perbaikan jalan ini disambut positif sejumlah warga, salah satunya Anton. Menurutnya, kerusakan jalan itu sering menggangu pengguna jalan. Di sisi lain, jalan ini merupakan akses transportasi yang menjadi pilihan utama bagi pengendara. “Banyak pengguna jalan yang memanfaatkan jalan itu. Dengan diperbaiki tahun ini, tentu kami ikut senang. Apalagi, saat ini Jalan Pahlawan sangat tidak nyaman dilintasi,” ujarnya. (riz/fun)