Lihat Nih, Caleg Terpilih Sudah Mulai Ukur Baju Meski Belum Ditetapkan

PASURUAN – Caleg terpilih yang melenggang ke gedung DPRD Kota Pasuruan mulai mengukur baju, meski mereka belum ditetapkan KPU setempat sebagai anggota dewan 2019-2024. Hal itu dilakukan guna menyiapkan keperluan saat agenda pelantikan digelar.

Sekretaris DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengungkapkan, pengukuran baju dewan terpilih dilakukan setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan KPU Kota Pasuruan. Hasilnya, tidak ada satupun anggota dewan terpilih yang melayangkan gugatan ke MK.

Namun, hingga saat ini KPU belum bisa menggelar rapat pleno penetapan anggota dewan terpilih. Sebab KPU RI masih belum menerima surat dari MK yang menyatakan daftar daerah yang terdapat Perselisihan Hasil Pemilu.

Murahanto menyebut, pengukuran baju dewan itu didasari adanya Penetapan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara DPRD Kota Pasuruan dari KPU. Pihaknya lantas mengundang sebanyak 30 caleg terpilih untuk mengukur baju di kantor DPRD.

“Pengukuran baju ini sudah berlangsung sejak Jumat lalu. Kemudian dilanjutkan hari ini,” ungkapnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Bromo, sejumlah caleg petahana terpilih tampak mengukur baju di ruang Bagian Umum. Ada pula caleg wajah baru yang lolos dalam Pemilu lalu.

Tahun ini, Pemkot Pasuruan telah mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bagi pakaian dinas anggota dewan. Besaran anggarannya tidak berbeda dengan tahun lalu. “Yakni senilai Rp 130 juta yang dianggarkan melalui APBD 2019,” tambahnya.

Masing-masing anggota dewan nanti akan mendapatkan lima setel pakaian dinas. Terdiri dari dua setel pakaian dinas luar (PDL); dua setel pakaian dinas harian (PDH); serta satu setel pakaian batik.

Pengadaan pakaian dinas bagi anggota dewan itu dilakukan sebelum pelantikan digelar. Murahanto menyebut, pelantikan akan digelar Agustus mendatang. (tom/fun)