Kekurangan Oksigen saat Kuras Sumur, Warga Gambiran Prigen Tewas

PRIGEN–Nahas dialami Wijiono, 47. Warga Dusun Wonokerso, Desa Gambiran, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan itu meregang nyawa saat menggali sumur milik Suwono, 40, dari desa yang sama.

Kejadian nahas itu berlangsung sekitar pukul 09.30. Informasi yang dihimpun menyebutkan, korban dengan sang pemilik sumur, menguras sumur dengan kedalaman sekitar 10 meter dan ketinggian airnya sekitar 2,5 meter.

Saat itu, korban masuk kedalam sumur untuk membersihkan kotoran dan lumpur. Lumpur itu diangkat keluar dengan menggunakan alat timba oleh Suwono atau pemilik sumur.

Setelah melakukan pembersihan sumur, beberapa menit kemudian Wijiono naik keatas. Ia keluar dari sumur untuk istirahat sebentar. Lalu, turun lagi untuk melanjutkan pekerjaan pembersihan sumur.

“Saat masuk kedalam sumur, sekitar 15 menit lamanya, pemilik sumur dari atas memanggil korban berulangkali. Namun, tidak ada jawaban,” terang Kapolsek Prigen Iptu Slamet Wahyudi.

Sejumlah warga pun lantas melaporkan kejadian tersebut ke warga sekitar dan Mapolsek Prigen. Mengetahui kejadian itu, warga sekitar dengan alat seadanya menolong korban dari dalam sumur melakukan evakuasi. Sekitar pukul 11.15, korban berhasil dievakuasi.

Sesampainya keluar dari sumur, ternyata korban didapati sudah tewas. Pihak keluarga korban yang datang ke TKP juga menolak divisum. Seketika itu juga pihak keluarga bersedia membuat surat pernyataan bermaterai penolakan dilaksanakan otopsi atau visum mayat imbuhnya.

“Di TKP sempat diperiksa oleh petugas medis dari Puskesmas Prigen, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jasad korban. Kematian korban diduga kuat kekurangan oksigen saat masuk ke dalam sekaligus pembersihan sumur,” tegas perwira dengan dua setrip di pundaknya itu. (zal/mie)