Pelantikan Dewan Baru Tunggu Penetapan KPU

PANGGUNGREJO – Rencana pelantikan anggota DPRD Kota Pasuruan masa jabatan 2019-2024 terus berlanjut. Sejauh ini pelantikan masih menunggu penetapan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dahulu.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengungkapkan pihaknya belum bisa melakukan persiapan untuk melantik anggota dewan yang baru untuk sementara. Pihaknya masih menunggu penetapan dari KPU Kota Pasuruan dahulu.

Di sisi lain, KPU belum bisa menetapkan anggota dewan terpilih sebab mereka masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK). Keputusan ini bakal dilakukan serentak di setiap daerah mulai dari anggota DPR RI, Dewan Perwakilan Daerah (DPD) hingga DPRD.

“Kami masih menunggu keputusan dari MK yang dilanjutkan dengan penetapan dari KPU. Baru, kami bisa melakukan persiapan untuk pelantikan mulai dari sumpah jabatan sampai seragam bagi anggota dewan baru,” ungkap Murahanto-sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan menjelaskan pelantikan nantinya bakal dilakukan oleh Ketua PN Kota Pasuruan. Pelantikan dipastikan bakal dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus mendatang bertepatan dengan berakhirnya masa jabatan anggota DPRD yang lama.

“Kalau aturannya, pelantikan dilakukan di tanggal berakhirnya jabatan anggota dewan yang lama. Kendatipun tanggal itu merupakan tanggal merah, pelantikan harus tetap dilakukan,”sebut Ismail. (riz/fun)