Nasdem Usulkan 3 Nama untuk Jadi Calon Ketua DPRD, Ini Saja Mereka

KRAKSAAN – Caleg yang terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2019-2024 bakal dilantik akhir bulan Agustus. Empat partai politik (Parpol) pemenang Pileg 2014, belum memastikan calon pimpinan DPRD masing-masing.

Tetapi berbeda dengan partai Nasdem. Partai pemenang pemilu di Kabupaten Probolinggo tersebut sudah mengajukan tiga nama ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem. Nantinya ketiga nama tersebut akan menjadi calon ketua DPRD Kabupaten.

Adapun ketiga nama tersebut diantaranya Supoyo, Andi Suryanto dan Suparmi. Adanya tiga nama itu diungkapkan ketua DPD Nasdem Kabupaten Probolinggo, Ahmad Rifa’i.

Saat dikonfirmasi, Rifa’i mengatakan, partai Nasdem yang menjadi pemenang dalam Pileg 2019 di tingkat Kabupaten Probolinggo, dipastikan akan menduduki posisi Ketua DPRD. Dimana saat pemilu lalu, partai yang dipimpin Surya Paloh tersebut, memperoleh 16 kursi legislatif Kabupaten Probolinggo.

“Nasdem berhak dapat posisi pimpinan DPRD sebagai ketua. Dari 50 kursi legisltif, perolehan tertinggi dari Nasdem 16 kursi,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Sabtu (13/7).

Untuk menentukan siapa yang berhak dan layak menjadi ketua DPRD, Ketua DPD Nasdem mengatakan, itu menjadi kewenangan DPP. Pihaknya dari DPD, hanya mengajukan tiga nama yang dianggap menjadi kader kader terbaik partai yang terpilih dalam pileg 2019 kemarin.

“Kami ajukan tiga nama, ada Supoyo, Andi Suryanto dan Suparmi,” terangnya.

Supoyo, salah satu calon pimpinan DPRD Kabupaten dari Nasdem mengatakan, dirinya siap mengikuti perintah dari partai. Semua menjadi kewenangan pimpinam partai untuk menentukan siapa yang layak menjadi pimpinan DPRD. Namun yang pasti, dirinya siap menjalankan keputusan partai.

“Iya saya sudah diberitahu partai, masuk salah satu dari tiga nama yang diajukan ke DPP untuk menjadi pimpinan DPRD. Kalau saya terserah keputusan partai,” katanya. (mas/fun)