Dua Kloter Awal Calon Jamaah Haji Berangkat Lebih Dulu, Sisanya Hari Ini dan Akhir Juli

TANGIS HARU: Keluarga rombongan calon jamaah haji asal Pekoren, Rembang, menangis haru sebelum pemberangkatan Sabtu sore (13/7) di kompleks kantor Pemkab pasuruan di Raci. (Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan mulai diberangkatkan menuju tanah suci Makkah. Sabtu (13/7) sore sebanyak 890 CJH diberangkatkan dari Kompleks Perkantoran Pemkab Pasuruan di Raci, Kecamatan Bangil. Sebanyak 890 CJH yang diberangkatkan tersebut merupakan kloter pertama.

DILEPAS WABUP: Dalam pemberangkatan tersebut, dilepas Wabup Mujib Imron. (Erri Kartika/Jawa Pos Radar Bromo)

CJH di Kabupaten Pasuruan memang dibagi empat kloter, Kloter pertama adalah 22 dan 23, diberangkatkan kemarin. Sedangkan kloter 24 baru berangkat hari ini (14/7) dan kloter 72 diberangkatkan 31 Juli mendatang.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, CJH kloter 22 dan 23 sudah memadati kompleks perkantoran Raci sejak pukul 15.00. Tepat pukul 17.00 secara resmi dilepaskan Wakil Bupati Pasuruan Mujib Imron. Sebanyak 10 bus yang disediakan Pemkab Pasuruan membawa CJH menuju ke Asrama Haji Sukolilo (Ahes) Surabaya dan dijadwalkan bertolak ke Tanah Suci hari ini (14/7) pukul 21.00 dan 23.00.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa kloter CJH Kabupaten Pasuruan dibagi menjadi 4 kloter. Untuk kloter 24 diberangkatan hari ini kumpul di Kantor PCNU Pasuruan, Warungdowo pukul 05.00 pagi. Sedangkan kloter 72 berangkat tanggal 31 Juli mendatang.

“Total seluruhnya ada 1.377 CJH, untuk kloter 22,23 dan 24 seluruhnya ada 445 CJH dan sisanya masuk kloter 72,” terangnya.

Untuk pemberangkatan awal ini sebanyak 890 CJH diberangkatkan dari kompleks Perkantoran Raci, Bangil dan selanjutnya menginap semalam di Asrama Haji Sukolilo. Baru keesokan harinya bertolak ke tanah suci.

Saat pelepasan, Wabup Mujib Imron mengucapkan selamat dan berbahagia kepada para tamu Allah. Sehingga banyak bersyukur dan didoakan diberikan kesehatan selama menjalankan ibadah agar menjadi haji yang mabrur.

“Tak lupa kita di Pasuruan baik Pemkab Pasuruan dan masyarakat menitipkan doa agar kami di Pasuruan bisa naik haji dan umrah seperti saudara sekarang ini,” terangnya. Wabup juga menitip ke CJH agar mendoakan Kabupaten Pasuruan diberikan barokah, sejahtera, damai dan masyarakat yang guyub rukun dan membangun.

“Kami harapkan CJH bisa menjaga kesehatan, karena saat ini di tanah suci cuaca cukup panas. Tapi dengan niat berhaji, Insyaallah dijaga oleh Allah,” doanya.

Fausi, Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa nantinya di asrama Haji Sukolilo, CJH akan diberikan juga 1.500 riyal untuk uang saku selama disana. CJH diharapkan tetap menjaga kesehatan sebelum ke tanah suci. Untuk kloter 22-24 karena masuk gelombang pertama, nantinya akan langsung bertolak ke Madinah. Berbeda dengan kloter 72 yang masuk gelombang kedua sebanyak 42 CJH langsung bertolak ke Mekkah. (eka/fun)