Alun-alun Mau Direhab, Semipro Digeser ke Stadion Bayuangga

DIPAKAI PERTANDINGAN: Stadion Bayuangga yang digunakan latih tanding saat laga ujicoba antara Persipro 54 dengan Persekabpas, beberapa waktu lalu. Stadion ini akan menjadi pusat kegiatan Semipro. Inset, kegiatan Semipro tahun lalu. (Dok. Radar Bromo)

Related Post

MAYANGAN – Dinas Kebudayaan dan pariwisata (Disbudpar) Kota probolinggo memastikan bahwa kegiatan Seminggu di Probolinggo (Semipro) tetap akan digelar tahun ini. Kali ini bahkan ada rencana, Semipro akan dipusatkan di Stadion Bayuangga.

TAHUN LALU: Kegiatan Semipro yang digelar di alun-alun Probolinggo tahun 2018. (Dok. Radar Bromo)

Namun tidak semua kegiatan Semipro dilakukan di Stadion. Sebab, pemkot masih akan memakai fasilitas lain. Utamanya di ruang terbuka hijau seperti di alun-alun.

“Kegiatan Semipro yang sebelumnya dilakukan di alun-alun, akan ditempatkan di stadion. Seperti kegiatan pameran UMKM oleh DKUPP ditempatkan di stadion,” ujar Tutang Heru Aribowo, Kepala Disbudpar, Kota Probolinggo saat dikonfirmasi, Sabtu (13/7).

Tutang memastikan bahwa pihak panitia Semipro telah bersurat kepada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Olahraga) terkait penggunaan stadion. Mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) itu menambahkan bahwa tidak semua kegiatan dilakukan di alun-alun. Beberapa kegiatan lomba-lomba dilakukan di lapangan yang telah disediakan.

“Seperti lomba karapan sapi dan karapan kambing, sudah ada lapangan untuk digunakan khusus. Maka dilakukan di lapangan masing-maisng,’ jelasnya.

Setiap tahun kegiatan Semipro dipusatkan di alun-alun Kota Probolinggo. Namun karena alun-alun akan direnovasi, maka kegiatan Semipro dialihkan ke lokasi lain yang memadai untuk kegiatan Semipro.

Beberapa lokasi telah dipertimbangkan oleh Disbudpar untuk lokasi Semipro 2019. Selain Stadion bayuangga, ada GOR Mastrip menjadi pilihan lokasi untuk Semipro.

Panitia Semipro 2019 akhirnya menetapkan stadion Bayuangga sebagai lokasi untuk Semipro.

“Kegiatan pawai Budaya tetap ada dan dilakukan hari Minggu dan pagi hari,” jelasnya. Pelaksanaan Semipro 2019 dilakukan mulai 31 Agustus 2019 sampai 7 September 2019. (put/fun)