Warga Banyuwangi yang Ancam Bakar SPBU Kademangan Dipastikan ODGJ

KADEMANGAN – Satpol PP Kota Probolinggo mengambil tindakan cepat terhadap seorang warga Kecamatan Gending, Kabupaten Banyuwangi, Andik. Pria yang sempat mengamuk di sebuah SPBU di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, itu kini diamankan di shelter milik Dinas Sosial Kota Probolinggo.

Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kota Probolinggo Hendra Kusuma mengatakan, pemindahan dari kantor Satpol PP ke shelter Dinas Sosial dilakukan beberapa jam setelah Andik diamankan. Itu, dilakukan demi keamanan yang bersangkutan.

Selain itu, Hendra juga memastikan jika yang bersangkutan mengalami gangguan jiwa. Sehingga, mengamuk, mengganggu ketertiban, dan mengancam membakar SPBU. “ODGJ sudah kami pindahkan ke shelter. Kami segera pindahkan menggunakan mobil patroli Satpol PP karena mengganggu kenyamanan. Sekarang masih di sana (shelter),” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Rabu (10/7), Andik bersama rekannya, Eko, hendak pulang dari Pasuruan ke Banyuwangi. Namun, sekitar pukul 12.15, mereka masih beristirahat dan menjalankan salat Duhur di sebuah SPBU di Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Usai salat, Andik mendadak mengamuk. Dia membuang sejumlah barang milik pemotor lain yang juga beristirahat di sana. Serta, mengancam akan membakar SPBU. Karenanya, sejumlah persolen Polsek Kademangan, mendatangi lokasi dan mengamankannya. Andik dibawa Satpol PP setelah sempat diamankan ke Mapolsek Kademangan. Eko menyatakan, rekannya ini bersikap aneh sejak masih berada di Pasuruan. (ar/rud)