Perbaikan Jalan Tongas-Bromo Diperkirakan Telan Rp 150 M

RUSAK PARAH: Seorang pemotor melintas di jalan menuju kawasan Bromo di wilayah Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo. Jalan ini rencananya akan diperbaiki tahun depan. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

TONGAS – Pemkab Probolinggo terus menggarap serius untuk merealisasikan proyek Provincial Road Improvement Maintenance (PRIM). Perbaikan Jalan Tongas-Bromo ini diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp 150 miliar. Sebagai langkah awal, melalui Perubahan APBD 2019, Pemkab akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 miliar. Duit itu akan digunakan untuk melakukan perencanaan PRIM tahun depan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Rachmad Waluyo melalui Kabid Bina Marga Asrul Bustami mengatakan, PRIM itu akan berlangsung selama tiga tahun dan sudah dimulai tahun ini. Untuk mempercepat proses realisasi pengerjaan PRIM tahun depan, pihaknya menyusun perencanaan tahun ini melalui P-APBD 2019.

“Untuk PRIM tahun 2020 masih akan kami susun perencanaannya tahun ini. Karena itu, nanti di P-APBD 2019, kami akan mengajukan sekitar Rp 1 miliar untuk anggaran perencanaan PRIM tahun 2020,” ujarnya.

Asrul menjelaskan, melalui perencanaan itu, nanti akan diketahui titik dan panjang perbaikan jalan yang akan dilakukan tahun depan. Termasuk nilai perkiraan anggaran yang dibutuhkan. Sehingga, pada awal 2020, bisa langsung proses lelang. “Jika perencanaan sudah disiapkan tahun ini, tahun depan bisa langsung action,” ujarnya.

Tahun ini, kata Asrul, sesuai perencanaan akan memperbaiki Jalan Tongas-Bromo diperkirakan sepanjang 8,5 kilometer. Jalan Tongas-Lumbang sepanjang 6,7 kilometer dan Sukapura-Lambang Kuning sepanjang 1,8 kilometer. Tapi, tidak secara menyeluruh. Total perbaikan jalan Tongas-Bromo, itu mencapai sekitar 37 kilometer. (mas/rud)