Pemadaman Tak Maksimal, Api di Gudang Kayu Wonorejo Kembali Berkobar

WONOREJO – Kepanikan sempat terjadi di PT Millenia Furnitures Industries (MFI) di Desa Coban Blimbing, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, Jumat (12/7) siang. Itu, setelah limbah gergajian kayu di pabrik setempat terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Dari laporan yang masuk ke petugas kepolisian setempat, kebakaran itu diketahui terjadi sekitar pukul 11.45. Api bermula dari adanya kayu yang terjepit saat penggergajian di mesin gergaji.

Kepala Bagian Pabrik PT MFI Suwandi melihat adanya percikan api dari mesin tersebut. Namun, berhasil dipadamkan dengan disemprot menggunakan tabung pemadam.

Tak lama kemudian, sejumlah karyawan pun beristirahat untuk menunaikan ibadah salat Jumat ke masjid. Saat itulah, api kembali muncul di sepanjang blower atau cerobong limbah di pabrik tersebut. Dimungkinkan karena pemadaman api awal belum tuntas.

Begitu melihat, adanya asap besar dari blower, karyawan setempat pun melaporkan hal itu pada manajemen PT MFI. Selanjutnya, mereka menghubungi unit Pemadam Kebakaran (PMK) Kota dan Kabupaten Pasuruan.

Selang beberapa menit, dua unit mobil PMK dari Kota dan Kabupaten mendatangi lokasi dan melakukan penyemprotan. Selama 20 menit berselang, api berhasil dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan pemadaman berhasil dilakukan dengan kondusif.

Kapolsek Wonorejo AKP I Made Jayantara mengatakan, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP), kebakaran itu ditimbulkan dari panas yang disebabkan kayu yang sempat terjepit di mesin gergaji.

“Api berasal dari mesin gergaji. Memang sempat dipadamkan oleh karyawan setempat, namun ternyata api kembali muncul dari Blower. Syukur, tidak ada korban jiwa. Kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp 2,5 juta,” ungkapnya. (riz/mie)