Molor, Perbaikan Jalan KH Mas Mansyur Pasuruan Dimulai Agustus

SEMPAT MOLOR: Perbaikan Jalan KH Mas Mansyur dijadwalkan bulan Juni. Namun, molor lantaran menunggu proses lelang tuntas. (Mokhamad Zubaidilah/Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN – Kerusakan di sepanjang Jalan KH Mas Mansyur Kota Pasuruan, bakal segera diperbaiki. Pemkot Pasuruan memastikan, perbaikan jalan dimulai bulan Agustus.

Kabid Bina Marga di Dinas PUPR Kota Pasuruan Akung Novajanto mengungkapkan, proses lelang proyek itu telah dilalui. Pihaknya mengajukan lelang proyek perbaikan jalan itu ke BLP sejak akhir Mei.

“Lelangnya sudah selesai. Pekerjaannya akan segera dimulai. Kami sedang menyiapkan untuk keperluan administratifnya,” ungkapnya.

Akan tetapi, perbaikan jalan itu sedikit lebih lambat dari jadwal yang ditentukan. Sebelumnya, kata Akung, proyek itu dijadwalkan mulai terlaksana bulan Juli. Namun, hal itu tak terpenuhi lantaran proses lelang membutuhkan waktu lebih lama.

“Target kami memang sekitar bulan Juli sudah dimulai pekerjaan konstruksinya. Namun, itu juga tergantung proses lelang. Karenanya, diperkirakan pengerjaannya baru dimulai Agustus mendatang,” tambah dia.

Meski begitu, Akung memastikan, terlambatnya jadwal pengerjaan proyek tak akan mempengaruhi pekerjaan di lapangan. Proyek itu dipastikan tetap selesai dalam waktu empat bulan.

“Masa kerjanya selama 120 hari atau 4 bulan. Sejauh ini kami juga telah menyosialisasikan ke masyarakat sekitar akan adanya proyek perbaikan jalan itu,” ujar Akung.

Untuk diketahui, proyek itu dibiayai dengan anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 6 miliar. Akung menyebut, kerusakan di Jalan KH Mansyur sudah parah. Terutama mulai dari depan SMPN 8 Kota Pasuruan hingga depan SMKN 2 Kota Pasuruan.

Sebagian jalan yang sering ambles nantinya akan di-rigid agar kontur jalannya lebih padat. Panjangnya sekitar 300 – 400 meter. Di samping itu, perbaikan juga dilakukan pada bahu jalan serta dilengkapi dengan drainase. Tujuannya, agar saluran air semakin lancar. (tom/hn)