Januai-Pertengahan Juni, 1,287 Juta Wisatawan Berkunjung ke Pasuruan

PRIGEN – Sektor pariwisata di Kabupaten Pasuruan masih bergairah. Sampai pertengahan Juni lalu, tercatat wisatawan yang berkunjung ke kawasan setempat mencapai 1,287 juta orang.

Hal itu diketahui dari estimasi penghitungan yang dilakukan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan. Angka itu sendiri sudah mencapai separo dari total target kunjungan wisatawan selama setahun ini yang capai 2,5 juta wisatawan.

Agung Maryono, kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya telah mendata sekitar 32 wisata di Kabupaten Pasuruan. Baik wisata alam yang dikelola oleh Pemkab Pasuruan sampai yang dikelola oleh swasta.

“Kami data total pengunjung yang datang. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Sampai pertengahan Juni, pengunjung tertinggi tercatat dari Taman Safari Indonesia,” terangnya.

Sampai Akhir Mei, kunjungan wisata di Kabupaten Pasuruan mencapai 1.187.353 wisatawan. Ditambah saat libur Lebaran awal bulan Juni sampai 12 Juni mencapai 100.033 wisatawan. Ini, berarti total kunjungan wisata sampai pertengahan Juni lalu sudah mencapai 1.287.386 wisatawan.

Dari catatan tersebut, mayoritas memang dari wisatawan lokal. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara tercatat paling banyak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) lewat jalur Pasuruan. Total mencapai 399 wisatawan mancanegara (wisman), disusul Finna Golf dengan 786 wisman, Taman Dayu Golf & Resort 68 wisman, Kebun Raya Purwodadi 3 wisman, dan ada juga tempat lain yang tidak dirinci per wisatawan mancanegara.

Jika melihat target yang ditentukan mencapai 2,5 juta wisatawan, Agung cukup optimistis target akhir tahun bisa tercapai. “Apalagi jumlah ini masih belum terdata untuk liburan sekolah mulai pertengahan Juni sampai Juli. Dan nantinya, juga akan terdongkrak pada liburan akhir tahun yang juga akan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung di wisata Kabupaten Pasuruan,” jelasnya. (eka/mie)