Bulan Depan Mulai Perbaiki Dua Pasar di Kota Pasuruan

TRANSAKSI: Sejumlah pembeli dan pedagang bertransaksi di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan. Bulan depan pasar ini akan diperbaiki dengan anggaran Rp 2,1 miliar. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PANGGUNGREJO – Harapan sejumlah pedagang di Pasar Kebonagung dan Pasar Karangketug, Kota Pasuruan, agar pasarnya diperbaiki akan segera terwujud. Pemkot Pasuruan berencana akan merehab dua pasar daerah ini bulan depan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pasuruan Muallif Arif mengatakan, rehab Pasar Kebonagung dan Pasar Karangketug akan dilakukan tahun ini. Pihaknya sudah melaksanakan tahap lelang untuk pembangunannya. “Lelang untuk rehab dua pasar itu telah dilaksanakan. Pemenangnya dari Kota Surabaya. Rencananya rehab akan dilaksanakan bulan depan,” ujarnya.

Ayik –sapaan akrab Muallif Arif- menjelaskan, sesuai rencana, rehab dua pasar tradisional ini dialokasikan anggaran dari dana alokasi keuangan (DAK) Kementerian Perdagangan RI senilai Rp 4,2 miliar. Masing-masing Rp 2,1 miliar untuk Pasar Kebonagung dan Pasar Karangketug.

Menurutnya, Pasar Kebonagung akan diperbaiki di bagian induk. Mulai dari drainase dan atap pasar induk. Sebab, saat musim hujan los pasar induk sering bocor. Selain itu, pintu pasar juga akan diubah menjadi rolling door, sehingga bisa dibuka dan ditutup dengan nyaman.

Serta, perbaikan lantai menjadi keramik. Sementara Pasar Karangketug, untuk perbaikan drainase dan pengecatan ulang. “Soal rehab sesuai detail engineering design (DED) yang dilaksanakan dalam tahap perencanaan. Seperti los yang bocor dan pengecatan pada pasar setempat,” ujar Ayik. (riz/rud)