SPP Gratis Untuk SMA-SMK Negeri di Pasuruan Dianggarkan Rp 19 Miliar

DAFTAR: Suasana penerimaan peserta didik baru di sebuah SMA Negeri di Pasuruan beberapa waktu lalu. Pemprov sudah memastikan SMA-SMK di Kota-Kabupaten Pasuruan gratis. (Foto: M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

POHJENTREK – Program SPP gratis untuk siswa SMA/SMK Negeri dari Pemprov Jawa Timur, juga akan diberlakukan di Pasuruan. Pemprov menganggarkan dana total Rp 19 miliar untuk pemberlakuan SPP gratis ini.

Indah Yudiani, kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Pasuruan dan Kota Pasuruan membenarkan hal itu. Menurutnya, SPP gratis untuk SMA/SMK negeri memang dianggarkan Rp 19 miliar di Pasuruan tahun ini. Namun, juknis baru turun minggu depan.

SPP gratis ini diberlakukan pada siswa baru. Yaitu, mulai tahun ajaran baru Juli 2019.

“Jadi, bulan Juni 2019 adalah SPP terakhir yang dibayarkan oleh orang tua. Sedangkan mulai Juli 2019, SPP sudah digratiskan oleh Pemprov Jatim,” terangnya.

Namun, bagaimana teknis pelaksanaannya, menurut Indah, masih akan dibahas dalam rakor selama lima hari di Pamekasan. Rakor akan digelar mulai 15 Juli.

Dalam rakor se-Pemrov Jatim tersebut, akan dibahas detail sistem pelaksanaan SPP gratis dan kebijakan lainnya. Seperti, seragam dan kebutuhan siswa yang lain. Termasuk akan dibahas juga, apakah SPP gratis ini dikhususnya untuk sekolah negeri saja, ataukah juga sekolah swasta.

Sebagai informasi, SPP gratis untuk SMA/SMK negeri ini merupakan program Pemprov Jawa Timur yang disebut Program Pendidikan Gratis Berkualitas (Kantistas). Program ini akan mengganti SPP yang selama ini dibayar orang tua ke sekolah setiap bulannya.

Besarnya SPP yang ditanggung Pemprov Jawa Timur bahkan sudah diatur dalam SE Gubernur Jawa Timur Nomor 420/71/101/2017 tentang Sumbangan Pendanaan Pendidikan. Untuk SPP SMA, di Kota Pasuruan Rp 85 ribu dan di Kabupaten Pasuruan Rp 70 ribu. Sedangkan SPP SMK nonteknik, baik di kota maupuan Kabupaten Pasuruan sama-sama Rp 120 ribu. Sementara untuk SPP SMK teknik, sebesar Rp 135 ribu, baik di Kota maupun Kabupaten Pasuruan.

Untuk SMA/SMK swasta, Indah belum bisa menyebutkan seperti apa. Sebab, juknis belum turun. “Untuk sekolah swasta masih menunggu juknis yang pasti. Saat ini masih berbentuk draf, masih bisa berubah. Apakah SPP untuk SMA/SMK swasta lewat dana hibah ataukah lewat lain, belum tahu,” ujarnya. (eka/fun)