Jadwalkan Job Fair Lagi di September, Ayo Siapkan Berkas Lebih Dini

PASURUAN– Angka pencari kerja di Kabupaten Pasuruan dipastikan naik sejak lulusan sekolah pertengahan tahun lalu. Untuk mengurangi angka pengangguran, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) bakal menyiapkan bursa kerja. Targetnya akan ada 40 perusahaan yang bergabung dengan kurang lebih 4 ribu lowongan.

Agus Hernawan, Sekretaris Disnaker Kabupaten Pasuruan mengatakan bahwa tahun ini, Disnaker kembali mengadakan bursa kerja. Rencananya bakal dilaksanakan bulan September mendatang. “Rencananya September mendatang, kendati tempat masih belum fix. Namun bulan tersebut yang tepat karena setelah kelulusan baik SMA dan lainnya,” terangnya.

Untuk target tahun ini, Disnaker menggandeng kurang lebih 40 perusahaan sama seperti bursa kerja tahun lalu. Termasuk menargetkan hingga 4 ribu lowongan yang bakal tersedia. Disnaker mengatakan sudah sebulan ini, permintaan AK 1 atau kartu kuning memang sudah tinggi lantaran seusai kelulusan sekolah.

“Rata-rata perhari meningkat 2-3 kali lipat dibanding hari biasanya, total dari Januari sampai Juni kemarin mencapai 3.354 permintaan AK 1,” terangnya.

Menurut Data BPS, angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di Kabupaten Pasuruan tahun 2018 lalu sebesar 6,11 persen. Jumlah ini lebih tinggi dari TPT Jawa Timur yang sebesar 3,99 persen. Harapannya bursa kerja ini menjadi salah satu cara untuk menjembatani pencari tenaga kerja dan pencari kerja. Untuk Bursa Kerja tahun ini, Disnaker menganggarkan Rp 250 juta untuk penyelenggaraannya. (eka/fun)