Dua Atlet Putri Muaythai Kab Probolinggo Ini Raih Emas Porprov

BUAT KEJUTAN: Erfin Nofitarini yang turun di nomor 51 kg putri (kiri) dan Khoirul Amarudzil Izzanabila (kanan) berhasil menyumbang emas untuk kontingen Kabupaten Probolinggo. (Mukhamad Rosyidi/ Radar Bromo)

Related Post

GRESIK-Cabang Olahraga (cabor) Muaythai jadi bintang bagi kontingen Kabupaten Probolinggo dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim ke VI kali ini. Empat medali berhasil diraih kemarin (10/7). Yang istimewa, dua di antaranya merupakan emas, dua lainnya perak.

Dua emas berhasil diraih Khoirul Amatudzil Izzanabila yang turun di kelas 45 kg putri dan Erfin Nofitarini yang turun di kelas 51 kg putri. Sedangkan, 2 perak diraih Mustakim yang turun di kelas 45 kg putra serta Ikke Nurhayati yang turun di nomor 48 kg putri.

Di laga final, Khoir –sapaan akrab Khoirul Amatudzil Izzanabila- berhasil mengalahkan Puji Vianingsih dari Kabupaten Malang. Usai memastikan kemenangan dengan skor 3-0, Khoir yang berada di sudut biru pun langsung sujud syukur. Air mata membasahi pipinya. Ia tak lupa menyalami satu per satu jajaran pelatih dan ofisial Muaythai.

Kemenangan Khoir itu diikuti Erfin Novitarini. Di laga final kemarin, ia berhasil mengalahkan Aisyah Putri Asokawati dari Kabupaten Jombang dengan skor 3-0.

Sementara dua atlet lain yang juga lolos final, gagal menang kemarin. Mustakim dan Ikke Nurhayati pun harus puas membawa pulang medali perak.

Anas Hariyanto, pelatih Muaythai Kabupaten Probolinggo mengatakan, torehan empat medali itu sudah sesuai target. Medali itu didapat tidak secara kebetulan. “Latihan yang dilakukan oleh anak-anak ini berat. Jadi, tidak kebetulan meraih empat medali ini,” ungkapnya.

Pada laga final kemarin, sejatinya target emas diemban oleh Khoir dan Mustakim. Namun, target itu sedikit meleset. Mustakim kalah di final, sementara Erfin yang tak dijagokan malah onfire dan menyabet emas.

“Untuk Mustakim, tadi (kemarin) sedikit main cepat. Sedangkan lawannya bermain ritme. Jadi, dia kalah. Dan, itu merupakan keberuntungan lawan,” ungkapnya.

Erfin sendiri awalnya memang tidak ditarget emas. Sebab, kali ini merupakan debut Erfin di laga sekompetitif Porprov. “Tetapi, tidak disangka Erfin malah berhasil mengalahkan lawannya dengan sangat bagus. Ini, adalah prestasi yang bagus,” ungkapnya.

Dengan meraih empat medali, cabor Muaythai Kabupaten Probolinggo berhasil menyabet juara ke dua dalam cabor muaythai.

Ketua KONI Kabupaten Probolinggo Sugeng Nufindarko yang kemarin turut datang mengapresiasi prestasi atlet-atlet muaythai. “Dapat medali banyak dan jadi juara umum. Tentunya kami sangat bersyukur. Ini, di luar ekspektasi kami. Ini adalah bekal untuk ke depan,” tandasnya. (sid/mie)