Balai Besar Mulai Rekonstruksi Jembatan Petung

BUGULKIDUL – Keinginan pengendara untuk dapat melintas dengan nyaman di Jembatan Petung, Kelurahan Bakalan, Kecamatan Bugulkidul, Kota Pasuruan, segera terealisasi. Pemprov Jawa Timur mulai merekonstruksi jembatan nasional yang berada di jalur lingkar selatan (JLS) Kota Pasuruan itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII wilayah Gempol-Pasuruan-Probolinggo Rudy Napitupulu mengungkapkan, jembatan Petung mulai direkonstruksi sejak pekan lalu. Rekonstruksi ini diawali dengan memperbaiki landasan jembatan.

Perbaikan landasan dilakukan dengan cara membangun tebing pada landasan di keempat sisinya. Baik sisi utara, timur, barat, dan selatan. Keempat landasan ini berupa tanah karena kerap diterjang oleh aliran sungai petung saat musim penghujan.

SEMPIT: Kendaraan yang melintas di jembatan Petung. (Foto dok Jawa Pos Radar Bromo)

“Jembatan Petung sudah mulai kami perbaiki. Kami awali dengan perbaikan landasannya dahulu. Soalnya waktu kami lakukan survei beberapa waktu lalu, kami menemukan landasan jembatan sudah keropos,”ungkapnya.

Rudy –sapaan akrabnya- menjelaskan, sesuai rencana, rekonstruksi jembatan ini dilakukan dengan perbaikan pada pasangan batu. Selain itu, penggantian joint, perbaikan railing jembatan, serta pengecatan pada kedua sisi jembatan. Sebab, kondisi aspal jembatan saat ini sudah ambles.

Rekonstruksinya bakal dilakukan dengan sistem long segment. Maksudnya, pelaksana ikut bertanggung jawab pada perbaikan kondisi jalan. Mulai dari Gempol sampai Kota Probolinggo. Sementara rekonstruksi jembatan dilakukan dengan expansion joint. Yaitu, mengganti aspal dengan aspal yang bersifat karet.

“Dengan perbaikan ini, kami harapkan pengguna jalan bisa melewatinya dengan nyaman. Apalagi Jembatan Petung ini terletak di JLS yang lalu lintasnya cukup padat. Utamanya, saat malam hari dimana kondisi jalan lebih gelap,” terang pria asal Medan ini. (riz/fun)