Sering Jadi “Pelarian” Truk, Jalan di Kawisrejo Rusak Parah

BERLUBANG: Seorang pengendara motor melintas di jalan di Dusun Gapuk/Desa Kawisrejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan. Jalan ini rusak parah karena sering dilintasi truk yang menghindari operasi di Jembatan Timbang Rejoso. (Fahrizal Firmani/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

REJOSO – Ruas Jalan di Dusun Gapuk/Desa Kawisrejo, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan, dikeluhkan. Ruas jalan ini rusak parah karena seringnya dilintasi kendaraan bertonase tinggi. Terutama, truk. Karenanya, pemerintah desa meminta ada tindakan tegas terhadap pengendara yang melanggar itu.

Kepala Desa Kawisrejo Muhammad Thoyyib Akiaji mengatakan, ruas jalan yang rusak di desanya itu panjangnya hampir satu kilometer. Penyebab utamanya, banyaknya truk yang melintas jalan ini untuk menghindari operasi di Jembatan Timbang Rejoso. “Dulu tidak pernah seperti ini. Setelah Jembatan Timbang Rejoso beroperasi, banyak truk menghindari dengan melewati ruas jalan ini. Makanya jadi rusak seperti ini,” ujarnya.

Kini, jalan desa ini rusak parah. Diameter lubang pada ruas jalan bervariasi. Mulai dari 20 sampai 40 sentimeter. Beberapa waktu lalu, Thoyyib mengaku menghubungi Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan. Namun, disebutkan jembatan timbang itu merupakan kewenangan kementerian.

Thoyyib mengaku, pihaknya tidak hanya berharap sekadar perbaikan. Namun, meminta agar ada komitmen, sehingga truk tidak melintasi Jalan Kawisrejo. Sebab, kerusakan jalan ini sering memakan korban. “Kalau diperbaiki, tapi truk tetap lewat sini, percuma. Kami ingin kepastian truk tidak masuk ke sini. Biar jalan tidak rusak dan tidak membahayakan warga,” ujarnya.

Sedangkan, KBO Satlantas Polresta Pasuruan Iptu Yudi Prasetyo mengaku, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Sebab, saat ada operasi di Jembatan Timbang Rejoso, pihaknya tidak pernah diajak berkoordinasi oleh Dishub Provinsi Jatim. “Biasanya ada koordinasi seperti operasi di Terminal Blandongan. Lha ini kami tidak pernah diajak. Jadi, kami tidak bisa mengantisipasi jika memang ada truk lewat situ (Jalan Desa Kawisrejo) kalau ada operasi,” ujarnya. (riz/fun)