Rawan Kecelakaan, Tikungan Dieng Perlu Dilebarkan dan Dipasang Guardrail

GEMPOL – Pengguna jalan utamanya roda dua harus ekstra hati-hati saat melintas di tikungan Dieng. Ruas jalan kabupaten yang menjadi akses utama menuju Sumber Tetek, di Dusun Dieng, Desa Jeruk Purut, Kecamatan Gempol, rawan akan kecelakaan.

Disebut rawan karena di tikungan jalan kabupaten tersebut, sudah beberapa kali terjadi kecelakaan. Entah itu tabrakan atau masuk dan terjun ke sungai. Bahkan beberapa kali insiden kecelakaan, mengakibatkan korban luka berat hingga meninggal dunia.

“Tikungan Dieng rawan kecelakaan. Tiap tahunnya selalu ada saja kejadiannya. Kebanyakan pengendara motor dari luar daerah. Biasanya kecelakaan terjadi saat perjalanan pulang dari Sumber Tetek lewat desa kami. Karena tikungannya tajam dan jalannya juga turunan,” ucap Kades Jeruk Purut Slamet.

Alasan itulah yang membuat pemdes mendesak pemerintah daerah, melakukan pelebaran. Utamanya sudut di tikungan jalan. Mengingat sudut pandang pengendara, sempit saat melintas. Belum lagi jalannya yang turunan.

Tak hanya dilebarkan. Pihaknya sekaligus juga mendesak agar sisi sebelah utara tikungan Dieng, dipasang guardrail. Karena di tepiannya terdapat sungai, yang tak jarang saat pemotor ngeblong, mengakibatkan masuk ke dalam sungai tersebut.

“Dilebarkan jalannya saja juga tidak cukup, sekaligus harus dipasang guardrail sekalian. Biar maksimal untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas di tikungan Dieng,” tegasnya.

Sementara itu, desakan terkait ini mendapat tanggapan dari Camat Gempol M. Ridwan. Ia katakan pihaknya sudah sampaikan ke instansi terkait di lapangan, menyangkut desakan Pemdes Jeruk Purut untuk pelebaran Tikungan Dieng dan juga pemasangan guardrailnya di tikungan tersebut.

“Sudah kami sampaikan ke OPD terkait, semoga dapat atensi dan bisa direalisasikan secepatnya. Baik pelebaran jalan dan pemasangan guardrail di tikungan Dieng,” katanya. (zal/fun)