Pukul KO Atlet Tuan Rumah, Petinju Probolinggo Ini Kans Sabet Emas Porprov

TUBAN – Cabang olahraga (cabor) tinju Kabupaten Probolinggo berpotensi menyumbang emas dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VI. Itu, setelah satu atletnya mengunci tiket final usai menang meyakinkan di semifinal, Rabu malam (10/7).

Satu atlet yang memastikan diri lolos ke final itu adalah Ferdi Agus Wiyantoro yang berlaga di kelas 56 kilogram. Di laga semifinal tadi malam yang digelar di Alun-alun Tuban, Ferdi –sapaan akrabnya- menghadapi atlet tuan rumah Tubagus.

Meski tampil melawan atlet tuan rumah yang mendapat dukungan penuh warga Tuban, Ferdi tak tampak grogi. Sejak ronde pertama berjalan, Ferdi langsung tampil agresif.

Kombinasi pukulan jab dan hook yang dilepaskan Ferdi membuat pertahanan atlet tuan rumah kedodoran. Beberapa pukulan Ferdi pun mendarat bersih di muka atlet tuan rumah.

Puncaknya, tak sampai setengah menit, pukulan long hook Ferdi menghujam rahang kiri Tubagus. Pukulan itu pun membuat sang atlet tuan rumah tumbang tak mampu bangkit lagi. Wasit pun langsung menyatakan Ferdi menang KO (knockout) atas Tubagus. Kekecewaan tampak terlihat dari raut muka Tubagus. Dengan berlinang air mata, ia tetap menyalami Ferdi usai laga. Usai laga, Ja’far Shodiq, pelatih tinju Kabupaten Probolinggo mengaku, pihaknya sangat mensyukuri torehan itu. Menurutnya, sejak sebelum laga Ferdi sudah optimistis menang.

Sebab, jajaran pelatih sudah membaca kekuatan dan kekurangan atlet tuan rumah. “Ferdi lebih unggul di teknik. Jadi, tidak heran kalau menang KO,” tandas Ja’far.

Kemenangan atas tuan rumah itu, diharapkan mampu mendongkrak mental Ferdi di laga final. Dalam Porprov kali ini, cabor tinju memang ditarget menyumbang emas.

“Saya yakin, dia (Ferdi) dapat emas. Tetapi, tetap tak boleh terlena dan tidak boleh meremehkan lawan. Harus tetap fokus,” ungkapnya. (sid/mie)