Pergi Haji, Sementara Posisi Kepala BKAD Dijabat Pelaksana Tugas

KRAKSAAN – Santiyono, meninggalkan jabatan kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Probolinggo, untuk sementara. Rabu (10/7), Santiyono berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah. Selama itupula, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menunjuk asisten III, Abdul Halim sebagai Plt Kepala BKAD Kabuapten.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Soeparwiyono. Saat ditemui, Sekda mengatakan, dari puluhan ASN yang menunaikan ibadah haji tahun ini. Satu kepala OPD (organisasi perangkat daerah) yang juga berangkat. Yakni Santiyono kepala BKAD Kabuapten.

”Untuk haji regular, hanya satu kepala OPD yang berangkat. Sejatinya ada dua kepala OPD yang akan berangkat lewat haji ONH Plus, tapi masih belum pasti jadwal pemberangkatannya,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Selama menunaikan ibadah haji dikatakan Sekda, Santiyono mendapatkan hak cuti selama 50 hari. Selama itu pula, Santiyono meninggalkan jabatannya sebagai kepala BKAD, supaya lebih khusuk dalam ibadah. Namun sisi lain, pihaknya tidak mungkin membiarkan jabatan kepala BKAD itu kosong. Sehingga, sesuai petunjuk pimpinan dalma hal ini Bupati Probolinggo, ditunjukkan lah Abdul Halim asisten selaku Plt selama Santiyono cuti haji.

”Selama pak Santiyono itu cuti haji 50 hari, pak Halim yang akan menjadi Plt. Jadi semua kewenangannya nanti yang tangani pak Halim,” teranngya.

Disinggung apakah lama cutinya Santiyono akan menghambat proses pembahasna Perubahan APBD 2019? Sekda menegaskan, pembahasan P-APBD 2019, tidak akan terganggu atau terhambat. Sebab, ada tim-tim anggaran daerah yang membahas di dalamnya. Termasuk dirinya selaku ketua tim anggaran daerah. ”Tidak menghambat pembahasan P-APBD 2019. Nanti sudah mulai pembahasan di dewan terkait P-APBD 2019,” terangnya. (mas/fun)