Blarr.. Warga Kuripan Pekerja Rongsokan di Jrebeng Wetan Terluka

KEDOPOK – Sebuah ledakan dari tempat usaha rongsokan atau barang bekas di Kelurahan Jrebeng Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, bikin heboh. Rabu (10/7), ledakan itu terjadi pukul 14.00. Seorang karyawan di tempat itu pun terluka kena ledakan.

Korban adalah Mat Nusi alias Saiful, 48, warga Desa Menyono, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Probolinggo. Korban pun mengalami luka parah di bagian kaki kanan. Sehingga, dilarikan ke RSUD dr. Mohamad Saleh Kota Probolinggo untuk menjalani perawatan medis.

Pemilik usaha rongsokan, Nurhasan menjelaskan, saat ledakan terjadi Mat Nusi  memang ada di lokasi. Menurut Nurhasan, korban baru 15 hari bekerja di tempatnya.

Sebelum ledakan, menurutnya, salah satu pemasok barang rongsokan yaitu Andi, mengantar kardus bekas. Kardus-kardus itu diletakkan sebagian di bak motor roda tiga. Sebagian lagi diletakkan di bawah. Posisinya, ada di luar gudang rongsokan.

Siang sekitar pukul 14.00, korban lantas mengangkat kardus dari bak motor roda tiga ke dalam gudang untuk ditimbang. Saat sedang memindah kardus, ada sebagian barang yang jatuh.

Korban lantas berusaha mengambil kardus yang jatuh itu. Namun, korban kemudian menginjak sesuatu. Dan terjadilah ledakan.

“Tiba-tiba ada ledakan. Terus disusul asap tebal. Saya menoleh ke Saiful (Mat Nusi, Red), ternyata kakinya sudah luka,” ujarnya.

Mendapati karyawannya terluka, Nurhasan mengaku langsung menolongnya. Korban dilarikan ke RSUD dr. Mohamad Saleh. Ia juga sempat menguruskan BPJS Kesehatannya. “Saya tidak tahu ledakan itu dari apa,” ujarnya.

Sejatinya, menurut Nurhasan, ledakan di gudangnya tidak hanya sekali. Sebelumnya, sekitar pukul 10.00, ledakan juga terjadi. Bahkan, mengenai dirinya.

Namun, ledakan yang berasal dari korek api itu tak sampai membuatnya terluka. “Siangnya juga ada ledakan, hanya saja ledakan itu kecil,” ujarnya.

Ketika menjalani perawatan di RSUD, Saiful ditemani istrinya, Armi. Ia mengaku kaget ketika dikabari suaminya masuk rumah sakit.

“Saya baru pulang dari mencari rumput untuk pakan ternak. Saya hendak istirahat di rumah. Ternyata ada kabar dari tetangga kalau suami saya terkena ledakan,” ujarnya.

Kapolsek Wonoasih Kompol Sukatno langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Namun, ia belum memastikan ledakan itu berasal dari apa. Ia mengaku masih akan melakukan olah TKP dan meminta keterangan dari sejumlah saksi.

“Ledakan itu muncul dari apa, belum ditemukan. Bukan bondet. Karena kalau itu bondet, pasti ada sisanya (bubuk mesiu, Red.),” ujarnya. (mg2/rud)