890 CJH Diberangkatkan, Diharapkan Bisa Saling Menjaga Diri

GENDING – Sebanyak 890 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Probolinggo, Rabu (10/7) diberangkatkan dari miniatur Ka’bah Gending. Sebanyak 60 persen CJH diantaranya, masuk risiko tinggi (risti). Oleh karena itu, Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari meminta pada PIHD (petugas ibadah haji daerah) untuk mendampingi dan melayani para CJH.

Ribuan penghantar CJH memadati lokasi. Namun, mereka hanya bisa mengantar sampai ke pintu masuk. Isak tangis harus mengiringi keberangkatan para tamu Allah itu. Bahkan, Bupati Probolinggo pun tampak meneteskan air mata harus saat para CJH dilepas dan berangkat menuju asrama haji embarkasi Surabaya.

Bupati Probolinggo mengatakan, semua umat muslim pasti ingin menjadi tamu Allah menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Baik itu yang sudah pernah maupun belum. Dirinya sendiri, tak terasa menangis ikut merasakan haru dan bahagia menyaksikan ratusan warganya berangkat ke tanah suci Mekkah untuk tunaikan ibadah haji.

”Siapapun pasti akan rasakan haru, karena keinginan bisa menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Disinggung soal dari 890 CJH yang berangkat, ada 60 persen risti? Tantri mengungkapkan, mari doakan bersama, para CJH yang berangkat diberikan kelancaran, sehat, selamat dan pulang dengan membawa haji mabrur. Untuk CJH risti, pihaknya sudah mengimbau pada tim petugas haji. Baik itu dari pendamping, tim medis untuk benar-benar mengawasi dan mendampingi para CJH.

”Ada petugas haji, bai itu pendamping, tim medis sudah diberikan pembekalan. Supaya mereka bisa dampingi dan membantu para calon jamaah haji, terutama kategori risiko tinggi,” teranngya.

Sementara itu, Kepala seksi Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Probolinggo, Taufik mengatakan, untuk tahap 1 keberangkatan jama’ah calon haji Kabupaten Probolinggo, masuk dalam 2 kloter penuh. Yakni kloter 13 dan 14, dengan jumlah masing-masing sebanyak 445 orang. Sehingga, total ada 890 CJH.

”Selain calon jamaah haji reguler, ada petugas haji masing-masing 5 orang pada tiap kloter. Mulai dari pembimbing haji maupun petugas kesehatan,” terangnya.

Total CJH asal Kabupaten dikatakan Taufik, ada 903 orang. Untuk calon jamaah haji tambahan sebanyak 13 orang tersebut akan diberangkatkan dalam kloter 82. ”Total ada 903 calon jamaah haji. Sebanyak 890 orang berangkat hari ini dan sisanya, masuk kloter 82,” ujarnya. (mas/fun)